Sulteng

Perempuan Poso Peringati Hari Tani, Ini yang Dilakukan Polisi

Perempuan Poso Peringati Hari Tani, Ini yang Dilakukan Polisi

SULAWESION.COM, POSO  – Sabtu (24/9/2016) bertepatan dengan Hari Tani Nasional (HTN)  solidaritas perempuan Sintuwu Raya Poso turun kejalan melakukan aksi damai di Bundaran jam kota Jalan Pulau Samatera, Kabupaten Poso  di kawal polisi.

Aksi yang dipimpin Steven Fernandez tersebut merupakan ungkapan bentuk keprihatinan solidaritas perempuan akan nasib kaum tani. Dalam aksi tersebut pendemo  mengangkat persoalan ketimpangan penguasaan lahan dan penguasaan tanah, dimana tanah banyak dimiliki hanya segelintir orang saja.

“Ketimpangan penguasaan lahan tersebut juga tercermin dari semakin massifnya ahli fungsi tanah –tanah rakyat yang berujung konfilk agraria yang disertai Kriminalisasi , kekerasan, dan pelanggaran ham yang dialami petani  laki-laki dan perempuan terutama infrastuktur, perkebunan skala besar, kehutanan dan pertambangan,” ujar mereka.

Menurut mereka, situasi di atas solidaritas perempuan bersama organisasi masyarakat sipil lainnya merasa penting untuk berkonsolidasi dan menyatakan sikap tegas kepada pemerintah untuk agenda reforma agraria sejati.

“Kita perlu mengingatkan bahwa reforma agraria bukan sekedar sertifikasi tanah namun mengubah struktur masyarakat dari suatu susunan yang tertimpang dan tidak adil menuju kepada susunan yang lebih adil dan merata,” koar para pendemo.

Di Poso, ujar Steven situasi di atas juga terjadi dimana terjadi alih fungsi lahan tani untuk perkebunan sawit skala besar di wilayah Pamona Tenggara, akibatnya sebagian perempuan menjadi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga ,karena lahan tani berkurang bahan lagi tak tersedia.

“Olehnya Solidaritar perempuan dan gerakan masyarakat sipil lainnya ,di momen hari tani tahun 2016 ini menyerukan gerakan kedaulatan  untuk petani di tana Poso untuk sebuah kehidupan baru di Tana Poso,” ujar Korlap ditengah-tengah menyerukan aksi damai . (hms)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top