Sulut

Ricuh di Depan KPUD, Dua Pendemo Tertembak

Di depan KPU Bolmong, Sulut saat simulasi penangangan kekacauan terjadi

SULAWESION.COM, BOLMONG – Rabu (26/10), siang, tepatnya di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bolaang Mongondow, terjadi kericuhan antara pihak Kepolisian dan massa pengunjukrasa dari salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmong. Dalam bentrokan tersebut, dua orang pengunjuk rasa tertembak peluru aparat, disebabkan massa mulai beringas dan melawan petugas.

Petugas sempat memberikan tembakan peringatan, untuk membubarkan massa, namun karena massa sudah tidak terkendali dan membahayakan, akhirnya dua dari pengunjuk rasa terkena tembakan.

Kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario simulasi pengamanan Pilkada Bolmong yang akan dihelat pada 2017 mendatang. Dalam simulasi pengamanan tersebut, personil dari Kepolisian yang diterjunkan berjumlah 700 orang, gabungan dari Personil Polres Bolmong dan Polda Sulut.

Wilmar Marpaung, selaku Kapolda Sulut Brigjen Polisi, mengutarakan, Pagelaran simulasi pengamanan Pilkada ini, penting dilakukan untuk menjaga tahapan Pilkada, khususnya untuk Sulut, ada dua daerah yang menggelar hajatan pilkada serentak 2017, yakni Sanger dan Bolmong. “Pihak kepolisian telah siap menjaga keamanan Pilkada mendatang, “ucapnya, kepada sejumlah pewarta.

“Untuk personil kepolisian Polda yang di siapkan dalam pengamanan tahapan pilkada Bolmong berjumlah 700 personil anggota kepolisian dan ada sekitar 125 anggota tambahan, sebagai cadangan dalam pengamanan nanti, itu sudah saya siapkan,” ungkap Marpaung.

Kapolda pun menegaskan, bila ada oknum atau kelompok masyarakat yang ingin mencoba melakukan gangguan dalam tahapan pilkada,  pihaknya tidak segan – segan melakukan mengambil tindakan sesuai dengan aturan.

“Saya himbau kepada masyarakat, tidak melakukan kampanye hitam dan menghasut salah satu paslon,  terutama di media sosial yang dapat menimbulkan kerugian dan nama baik. Kepolisian akan menindaknya, Jelas Kapolda. (Ref)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top