Sulteng

BPS Sulteng: Kota Palu Urutan ke-2 Inflasi Tertinggi di Kawasan Sulampua

press release di kantor BPS Sulteng

SULAWESION.COM, PALU – Dalam press releasenya pada jumat (2/6/2017) Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah (BPS Sulteng) membeberkan bahwa Kota Palu, mengalami inflasi sebesar 0,81 persen dan masuk urutan ke-2 inflasi tertinggi di Kawasan Sulampua.

Bukan hanya di kawasan Sulampua, kota Palu juga masuk dalam di deretan ke -8  secara nasional, tutur Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah Ir. Faizal Anwar MT didampingi Kepala Bidang Statistik Distribusi Moh. Wahyu Yulianto Ssi, SST Msi, saat press release dikantor BPS Sulteng.

BACA JUGA: Launching Pendaftaran Usaha dan Talk Show Digelar BPS Sulteng

Dari catatan BPS Sulteng, kenaikan ini terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran. Dimana yang tertinggi  yakni kelompok bahan makanan (1,67 persen), kemudian makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau (1,24 persen), transpor, komunikasi, dan jasa keuangan (0,47 persen), perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar (0,40 persen), kesehatan (0,12 persen), pendidikan, rekreasi, dan olahraga (0,09 persen), serta sandang (0,08 persen).

Sementara itu, untuk laju inflasi berdasar tahun kalender sampai Mei 2017, sebesar 3,16 persen, sedangkan inflasi year on year (Mei 2017 terhadap Mei 2016) di Kota Palu adalah sebesar 5,10 persen. (WAN)

 

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top