Pendidikan

Usaha Kopi di tekuni, Gadis Mamasa mampu biayai Kuliah

Usahawan Muda, Fionela Florencia Maraya

SULAWESION.COM, MAMASA – Fionela Florencia Maraya (20), menjadi seorang usahawan muda yang jarang terpikir oleh semua orang terlebih kaum Perempuan. Dengan merintis usaha sejak dini secara mandiri, Gadis Mamasa ini dapat membiayai kuliahnya dengan menjajakan Kopi Mamasa yang di beri nama, “Kopi Leluhur”.

Gadis muda asal Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, yang saat ini tengah menempuh jenjang Pendidikan di Universitas Fajar, Jurusan Manajemen, merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari Keluarga Barto Simon Maraya dan Selfi, menekuni usaha kopi lantaran bagian dari identitas Kabupaten Mamasa, tempat kelahiran gadis yang akrab di sapa Fionela.

“Wanita muda itu tertarik memulai usaha ini demi melatih diri hidup mandiri dan meringankan beban orang tua dalam membiayai jenjang pendidikan yang sedang jalaninya. Katanya, usaha kopi telah ditekuninya sajak dua tahun lalu. “Hanya bermodalkan Rp 1 juta untuk membeliFrench Pressdirinya mampu menghasilkan hingga Rp 3-5 juta perbulan,” tuturnya. saat ditemui disela-sela kesibukannya melayani pelanggan, Kamis (12/10/2017)

Untuk kopi kemasan yang kelola Fionela juga bervariasi, ada yang bermerek Kopi Jahe Mamasa, Kopi Robusta Mamasa dan Kopi Arabika Mamasa. Menurutnya, Usaha tersebut cukup meringankan sejumlah kebutuhan Fionela sehingga mulai dari keperluan sehari-hari hingga tuntutan study tidak lagi tergantung ke orang tua.

Meskipun alat yang digunakan masih seadanya dan belum mampu memproduksi kopi kemasan dalam jumlah besar Fionela tetap optimis dan tekun mengelola usaha miliknya. Ia mengatakan, untuk alamat tetap usaha kopi yang ditekuninya berada di Jalan Pettarani Kota Makassar dengan nomor Handphone (Hp). 085296797892.

Gadis muda itu mengungkapkan, jika diberikan tempat, dirinya sering berada disetiap acara-acara syukuran.dan sejumlah kegiatan seremonial lainnya untuk menambah pendapatan. Lanjutnya, saat mengetahui Gereja Katolik Santo Petrus Mamasa akan melakukan syukuran dirinya meluangkan waktu ke Mamasa, selain menjalankan usahanya juga digunakan sebagai waktu untuk berkunjung dengan keluarga serta menambah persediaan kopi yang sering dijajakan.

Ia berharap, generasi muda tidak gengsi melakukan hal-hal serupa demi melatih diri hidup.mandiri tanpa tergantung atau menyalahkan orang lain. (HPN)

 

Sebarkan:
1 Comment

1 Comment

  1. iman toding

    October 13, 2017 at 2:53 am

    Hebat ya,ternyata ada usahawan wanita muda dan cantik yg peduli terhadap Produk lokal daerah Mamasa..sy mendukung bangat..semoga sukses..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top