Budpar

Bermain Tojang Raksasa, SYL terlihat bahagia

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo bermain Tojang atau Ayunan Raksasa

SULAWESION.COM, MAKASSAR – Ayunan Raksasa dengan ketinggian melebihi ayunan biasa di coba oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo yang terlihat begitu sangat bahagia bersenang-senang.

SYL bersama ratusan siswa yang hadir bermain permainan rakyat Mattojang di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulawesi Selatanz di Jalan Sungai Tangka, Rabu pagi(18/10/2017).

Permainan rakyat ini hadir merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-348 Sulawesi Selatan. Dan dibukan hingga sore hari.

Selain sebagai sebuah tradisi,  Biasanya, permainan adat tradisional ini dihadirkan dalam perayaan pesta panen, syukuran, pernikahan, dan menyambut kelahiran bayi.

SYL merasa senang dengan hadirnya permainan seperti ini, bahkan dia mengaku sering memainkan dulu dan tidak banyak provinsi yang punya tradisi mattojang.

“Kegiatan ini untuk melihat tradisi dan budaya yang dimiliki Sulsel. Tidak banyak provinsi yang punya seperti ini,” kata SYL.

Sementara itu penanggung jawab kegiatan, Kadis Peternakan Sulsel Abdul Azis menyebutkan mattojang merupakan sebuah ritual uji nyali dan keberanian lelaki bugis.

“Tradisi ini intinya adalah ritual ajang uji nyali dan keberanian Suku Bugis dan ajang silaturahmi,” ujarnya.

Selain permainan mattojang juga ditampilkan ritual pesta panen padi Mappadendang yang dibawakan oleh kelompok seni dan budaya dari kabupaten Sidrap.(SF)

 

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top