Sulbar

Camat Tandukkalua Bentuk TPID

Camat Tandukkalua, Hesron Lululangi, bentuk TPID

SULAWESION.COM, MAMASA – Camat Tandukkalua, Hesron Lululangi sesuai hasil
musyawarah antar desa yang juga dihadiri pendamping desa tingkat kecamatan membentuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

Camat Tandukkalua, Hesron Lululangi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, kamis (19/10/2017) menerangkan. Sesuai amanat musyawarah antar desa seluruh 17 Oktober lalu dalam maka TPID dibentuk guna melakukan penilaian terhadap setiap desa di Kecamatan Tandukkalua mengenai hal-hal inovatif yang dilakukan pemerintah desa dengan menggunakan Dana Desa (DD) Tahun 2017.

Hesron menjelaskan, Sesuai hasil musyawarah antar desa maka ditetapkan pesonil TPID ajukan para kades yang dinilai mampu mengembangkan inovasi desa dan melakukan proses penilaian.

Lanjutnya, adapun kategori penilaian sekaitan dengan hal yang inovatif tidak menyangkut pelayanan dasar pemerintah seperti jalan, jembatan, air bersih dan berbagai bentuk pelayanan dasar lainnya melainkan sejumlah kegiatan inovasi desa yang menggunakan APBDES Tahun 2017 seperti, pengembangan wisata desa, pengembangan kuliner tradisional, pengembangan kerajinan atau peningkatan tatakelolah pemerintahan yang sifatnya memberikan kemajuan dalam pelayanan publik.

“Nantinya desa yang dinilai inovatif akan dibawa ke tingkat Kabupaten, sehingga TPID harus bekerja maksimal dan tuntas hingga Desember 2017,”paparnya.

Sementara Pendamping Desa di tingkat kecamatan, Rahman diwaktu yang sama juga menyampaikan. Program TPID adalah program baru sehingga camat bekerjasama sejumlah kepala desa melakukan koordinasi guna mempermudah kerja-kerja TPID yang ditetapkan.

Katanya, sekaitam TPID sebenarnya pada tingkat Kabupaten belum terbentuk karena kemungkinan besar akan ada proses rekrutmen. Ia juga mengatakan, peran TPID sejatinya sebagai rekan kerja para kades dalam menggali hal-hal yang potensial untuk dikelola desa menjadi sesuatu yang lebih inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat desa.(HPN)

 

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top