Budpar

Kearifan lokal milik kita, bersama kita jaga kelestariannya

Anggota DPD RI Aziz Qahhar Mudzakkar

SULAWESION.COM, LUWU TIMUR – Nilai kearifan lokal Budaya Sulawesi Selatan, merupakan aset yang tumbuh dan berkembang turun temurun sebagai ciri khas masyarakat Sulawesi Selatan, pelestariannya harus tetap terjaga sesuai Undang-undang Perlindungan Budaya.

Anggota DPD RI Aziz Qahhar Mudzakkar menegaskan komitmennya untuk senantiasa menjaga nilai-nilai kearifan lokal budaya masyarakat khususnya masyarakat Sulawesi Selatan.

“Nilai-nilai adat budaya tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Makanya, penting untuk menjaga kearifan lokal dan itu memang termaktub dalam visi-misi NH-Aziz,” kata Calon Wakil Gubernur Sulsel itu saat menghadiri pesta adat dan budaya masyarakat To Karunsi’e di Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Lutim, Selasa, 24 Oktober.

Pesta adat budaya To Karunsi’e itu turut dihadiri oleh Sri Paduka Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, Wakil Bupati Lutim Irwan Bachri Syam, Anggota DPRD Lutim Herdinang dan Usman Sadik serta dewan adat 12 Kedatuan Luwu. Hadir pula pemangku adat Madika Bua Andi Syaifuddin yang juga merupakan pendamping Datu Luwu.

Menurut Aziz, Undang-Undang tentang Perlindungan Adat dan Budaya murni dicetuskan oleh DPD RI yang kemudian disepakati DPR RI. Kehadiran regulasi tersebut dinilai tidak akan optimal bila tidak didukung oleh aparatur pemerintahan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian adat dan budaya.

“Untuk penegakan aturan tersebut memang dibutuhkan adanya kekuasaan untuk bisa menerapkannya di daerah masing-masing,” ujar pendamping Nurdin Halid itu.

Dalam kesempatan tersebut, Aziz mengungkapkan nilai-nilai adat dan budaya di Sulsel akan lebih bermakna bila selaras dengan agama. Bersama NH, Aziz menekankan akan mewujudkan Sulsel Baru yang lebih sejahtera untuk semua lapisan masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan.

Sementara itu, pemangku adat Madika Bua Andi Syaifuddin mengatakan Aziz merupakan salah satu putra Luwu yang berkarir dan sukses sebagai pemimpin. Karena itu, sosok Aziz menjadi harapan bagi pihaknya untuk bisa menegakkan nilai-nilai adat budaya dalam kehidupan beragama dan berbangsa.

“Harapan kami, jika pasangan NH-Aziz menang, tolong buatkan perda terkait adat budaya di Sulsel. Dengan begitu seluruh adat dan budaya yang ada senantiasa tetap terjaga,” pungkasnya. (BOB)

 

 

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top