Advertorial

Koperasi sektor Perikanan, Kekuatan Ekonomi Sulsel

Bimbingan Teknis Penguatan Koperasi Sektor Perikanan

SULAWESION.COM, MAKASSAR – Koperasi sektor Perikanan sebagai salah satu kekuatan ekonomi rakyat di pesisir dan kampung-kampung nelayan sangat penting untuk diberdayakan,Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya konkrit guna meningkatkan kesejahteraan nelayan diantaranya penguatan kesadaran, kapasitas sumberdaya dan penguatan kelembagaan masyarakat nelayan melalui koperasi.

“Koperasi sektor perikanan hadir untuk mewujudkan kesejahteraan anggota.
Ke depan, yang nelayan tidak sekedar menangkap ikan setelah itu dijual tanpa memberikan nilai tambah apapun, tapi lebih dari itu melalui koperasi bisa turut serta mengambil bagian dalam proses industrialisasi mulai dari penangkapan, pengolahan dan produksi hingga pemasaran”, Ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik,belum lama ini.

 

“Tidak mudah dan butuh waktu untuk memperkuat koperasi sektor perikanan. Sejumlah tantangan membentang, mulai dari meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia, menata manajemen koperasi dan memperbesar komitmen untuk menjadikan koperasi sektor perikanan sebagai salah satu bagian kekuatan ekonomi”, lanjutnya.

Jumlah koperasi yang bergerak pada sektor perikanan di Sulawesi Selatan adalah 171 unit,yang tentunya bisa terus bertambah mengingat luas laut dan potensi perikanan di sulsel yang sangat besar.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Kelautan dan Perikanan mengeluarkan kebijakan untuk turut memperkuat koperasi sektor perikanan dengan bantuan kapal penangkap ikan bagi koperasi yang memenuhi syarat.

Pemerintah propinsi sulsel,melalui dinas koperasi dan ukm sulsel,belum lama ini telah mengadakan bimbingan teknis penguatan kelembagaan koperasi sektor perikanan yaitu pada tgl 21-22 Nop 2017 yg diikuti oleh

Koperasi yg bergerak di sektor Perikanan.

Pada petermuan itu,peserta yang telah menerima bantuan sarana kapal penangkap ikan yaitu, KUD Mina Lappa Sinjai dan KSU Minasa Jaya Kab.Takalar.

Pengurus KUD Mina Lappa menerima bantuan 8 unit kapal yg telah dimanfaatkan oleh anggota, sementara KSU Minasa Jaya 4 unit yg juga telah dimanfaatkan secara maksimal oleh anggotanya,sekaligus mengucapkan banyak terimakasih kepada dinas koperasi dan ukm sulsel yang telah banyak membantu. (SF)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top