Sulteng

Penyeludupan Cap Tikus di Pelabuhan Fery, Berhasil Digagalkan Polres Palu

Kompol I Wayan Sudarmanta SIK, menunjukan babuk cap tikus beserta pelaku yang berhasil diamankan

SULAWESION.COM, PALU – Buru Sergap (Buser) Polres Palu bersama tim Gabungan Polsek Palu Selatan dan Polsek Palu Utara, berhsil menggagalkan penyuludupan  Minuman Keras (Miras) jenis Cap Tikus di Pelabuhan Kapal Fery, Kelurahan Taipa.

Melalui press release yang dikeluarkan Polres Palu, Senin (27/11/2017), pengungkapan kasus penyeludupan tersebut bermula dari keterangan pelaku yang sebelumnya telah diamankan Buser Polres Palu bersama Anggota Opsnal Polsek Palu Selatan dan Polsek Palu Utara, pada Sabtu (25/11/2017) pukul 18.00 wita.

Kepada petugas pelaku mengaku bahwa akan ada penyelundupan miras tradisional jenis cap tikus dari Manado dan akan dikirim ke Balikpapan melalui kapal Fery di Pelabuhan Taipa, Kota Palu.

Dari infomasi dan baket tersebut Tim lalu bergegas melakukan penyelidikan dan dalam waktu singkat pelaku berhasil diamankan pada hari itu juga yakni Sabtu (25/11/2017) sekirapukul 20.30 WITA, di Pelabuhan Kapal Fery, Kelurahan Taipa, Kecamatan Palu Utara.

Usai mengamankan barang bukti, petugas kemudian melakukan interogasi kepada pelaku yakni salah satu Sopir serta kondekturnya mereka mengakui bahwa benar yang dimuat oleh mobil truck yg dikendarainya memuat minuman tradisional jenis cap tikus yang berasal dari Manado Provinsi Sulawesi Utara, dan akan dibawa ke Pelabuhan Kalimantan.

Pelaku ini pun disangkakan dengan Pasal 204 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 15 tahun dan pasal 135 UU RI No. 16 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp. 4.000.000.000,- (empat miliar rupiah).

Wakapolres Palu Kompol I Wayan Sudarmanta SIK, menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palu, agar tidak menjadi pelaku tindak pidana apapun. Karena Kepolisian Resor Palu akan menindak tegas bagi siapapun pelakunya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Wakapolres kepada masyarakat yang telah ikut serta membantu pihak Kepolisian dalam memberantas pelaku tindak pidana yang ada di kota Palu dengan cara memberikan informasi kepada pihak Kepolisian Resor Palu.

Adapun identitas tersangka yakni:
RB, (34) tahun, pekerjaan Sopir.
KS, (21) tahun, pekerjaan Sopir Bantu.

Barang-bukti yang diamankan oleh Kepolisian Resor Palu, yakni:
– 2 (dua) unit kendaraan R6
– 596 ( lima ratus sembilan puluh enam ) karung minuman cap tikus (estimasi berat 44 Kg/karung = 26.224 Kg)
– Tiket angkutan kapal.

(HM)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top