Sultra

Himbauan Camat Pasikolaga kepada Kepala Desa

Rapat Musyawarah Desa Mataindaha

SULAWESION.COM, MUNA – Camat Pasikolaga,Halim,S.Pd menghimbau agar pelaksanaan program Dana Desa Mataindaha tahun 2018 dilakukan sesuai aturan,agar tidak timbul persoalan hukum seperti yang terjadi di Desa-Desa lain di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Hal itu dikatakannya dalam Rapat Musyawarah Desa Mataindaha Sabtu (16/12/2017),yang di hadiri Kepala Desa Mataindaha,Babinsa Mataindaha,Kapospol Pasikolaga,Pendamping Desa serta seluruh elemen masyarakat.

“Jangan kita keluar dari rambu-rambu yang telah ditentukan soal kaitannya dengan penggunaan dana desa,karena pengawasan dana desa untuk 2018 nanti ini lebih ketat,jadi saya himbau agar mekanisme pekerjaan itu jangan kita abaikan,”Ujar Halim saat memberikan sambutan.

Halim menyebut,bahwa di Kecamatan Pasikolaga sudah ada pendamping Lokal Desa (PLD),Pendamping Desa (PD),dan Pendamping Desa Teknik infrastruktur (PDTI),mestinya dengan hadirnya pendamping kata Mantan Kepsek SMPN1 SATAP Pasir Putih itu, Kepala Desa bisa mendapatkan kemudahan secara teknis maupun non teknis.

“Kita ini sudah lengkap,sudah ada PLD,sudah ada PD,sudah ada PDTI,jadi apa yang tidak bisa dilakukan sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan menggunakan dana desa karena pendamping kita sudah lengkap,secara logika kalau pendampingan seperti itu sudah lengkap kira-kira kesalahan apa lagi yang akan terjadi,”Lanjut Halim.

Halim juga menegaskan soal pelaksana program di Desa,Kades harus membentuk Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan memberikan penjelasan kepada TPK soal tugas pokok mereka,sehingga tidak salah jalan.

“Contoh misalnya,kalau kita menggunakan dana desa sesuai aturan,program dana desa itu harus ada yang namanya TPK,secara teknis ini yang melakukan,Kepala Desa tinggal berikan pemahaman,”Katanya.

Lanjut Camat Pasikolaga,Kata dia pekerjaan desa agar tidak diborongkan supaya warga lain punya kesempatan untuk bekerja dalam kegiatan tersebut.

“Tolong kegiatan dana desa itu tidak usah diborongkan,tapi yang dituntut adalah partisipasi dan keterlibatan semua masyarakat dalam mengerjakan pembangunan di Desanya,”Tegasnya.

Di akhir sambutannya Camat Pasikolaga kembali mengingatkan,agar Kades berhati-hati mengelola APBDesnya,khususnya Desa-Desa di Kecamatan Pasikolaga,ia menginginkan tidak terjadi temuan indikasi penyimpangan.

“Saya tidak mau mendengar ditahun 2018 nanti itu ada Satgas daripada Dana Desa ini menemukan kesalahan di semua desa yang ada di kecamatan pasikolaga.Olehnya itu bagaimana Satgas ini tidak menemukan penyimpangan dalam penggunaan dana desa,jawabannya hanya satu mari kita bekerja dengan benar,”Tutupnya. (ARD

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top