Nasional

SYL paparkan kiat Pertanian Sulsel, di Munas IPB

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo di acara Musyawarah Nasional (Munas) Institut Pertanian Bogor (IPB)

SULAWESION.COM, BOGOR – Menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Institut Pertanian Bogor (IPB), Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, berbagi strategi keberhasilan Pertanian Sulsel, hingga menjadi lumbung pangan Nasional, di Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2017)

SYL diundang karena dianggap mampu membawa pertanian Sulsel berhasil dan sebagai gubernur yang peduli pertanian.

Salah satu faktor keberhasilan pertanian di Sulsel dikatakan oleh SYL karena melibatkan petani dan kerjasama dengan TNI-Polri.

“Pelibatan kelompok-kelompok tani sangat penting, riset sangat penting dan permodalan sangat penting. Selain itu, kerjasama dengan integrasi stakeholder selama tujuh tahun mendukung hal tersebut,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Integrasi yang dilakukan dengan stakeholder antara Pemprov Sulsel, pemkab/pemkot, TNI/Polri, asosiasi, pengusaha dan masyarakat.

Dia menjelaskan, utuk komoditi pangan Sulsel pada tahun 2016, jumlah produksi beras sebesar 5,7 juta ton, sebagai peringkat ke-dua nasional,  jagung sebesar 2,1 juta ton sebagai ketiga terbesar nasional.

“Model kerjasama ini yang menjadi percontohan nasional dan menjadi program nasional,” sebut Syahrul YL.

SYL menyebutkan, untuk kebijakan pangan, Sulsel selalu memikirkan kepentingan nasional, tetapi tetap memperhatikan kebutuhan lokal masyarakat Sulsel.

Selain SYL, juga hadir sebagai keynote speaker (pembicara utama) Menteri Koordintor Perekonomian Darmin Nasution, pembicara lainnya, pengamat ekonomi Aviliani, pakar dan praktisi keuangan Roy Sembel dan petani inovatif Gunung Sutopo.

Lokakarya Nasional yang merupakan bagian dari rangkaian Munas IPB kelima itu, mengangkat tema “Peran Strategi Alumni IPB dalam Pembangunan Pertanian Indonesia yang Berdaulat”.(SF)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top