Sulsel

Diskop Sulsel Efisiensi Anggaran Rp4 Miliar

Kepala Diskop dan UKM Sulsel Abdul Malik Faisal

SULAWESION.COM, MAKASSAR – Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Sulsel berhasil melakukan efisiensi anggaran pada alokasi APBD 2017 lalu. Dari totalalokasi anggaran belanja langsung Rp72 miliar, jumlah yang yang di efisiensi sampai akhir tahun sekitar Rp4 miliar.

Menurut Kepala Diskop dan UKM Sulsel Abdul Malik Faisal, sampai akhir 2017 lalu, realisasi kegiatan fisik mencapai 100%, sementara realisasi keuangan tercatat hanya sekitar 95,13%.

“Realisasi kegiatan fisik kami tahun lalu 100%, realisasi keuangan 95,13%. Kami tahun lalu punnya 10 program dengan 99 kegiatan. Semua kegiatan fisik selesai,” ungkap Malik Faisal, belum lama ini.

Dengan catatan tersebut, lanjut Malik Faisal, maka pihaknya mampu melakuka efisiensi anggaran sekitar Rp4 miliar. “Selisih anggaran itu merupakan hasil efesiensi, dan sudah kami kembalikan sebagai silpa (sisa lebih penggunaan anggaran),” terang Malik.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan menyampaikan apresiasinya kepada jajarannya yang mampu melakukan efisiensi anggaran, tetapi tetap mampu menyelesaikan program kegiatan.

Khusus masalah penyerapan anggaran sampai akhir 2017 lalu,Syahrul sendiri menyampaikan bahwa penyerapan anggaran sudah diatas angka 90%, sepekan sebelum Desember 2017 berakhir.

Diakuinya, bahwa penyerapan diawal tahun memang sempat terlambat dan itu memang terjadi secara nasional. “Memang ada keterlambatan secara nasional pada awal tahun. Dimana ada proses anggaran yang berkontraksi. Tetapi kita kejar. Jadi kalau sudah sampai 90% (serapan) APBD, itu kan sudah bagus,” pungkasnya. (SF)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top