Sulsel

Terbesar diluar Jawa, Air Mancur CPI diberi nama” Wae Sabbe To Malebbi”

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo usai resmikan Air Mancur di Kawasan Center Point of Indonesia

SULAWESION.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, meresmikan air mancur di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI), Jumat (6/4/2018) malam.

Air mancur terbesar di luar Pulau Jawa ini diberi nama Wae Sabbe to Malebbi’. Nama air mancur ini diberikan langsung oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo.

Air mancur ini terletak di sebelah timur Masjid 99 Kuba. Keindahan air mancur juga dapat dinikmati oleh warga dari anjungan Pantai Losari.

“Pak Gubernur memberikan nama Wae Sabbe to Malebbi’. Wae itu adalah air. Sabbe adalah sutra. To itu artinya orang dan malabbi itu mulia,” ujar Kepala Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Andi Darmawan Bintang sesaat setelah peresmian.

Andi Darmawan mengakui, perancangan air mancur di dekat Masjid 99 Kuba, merupakan ide Gubernur Syahrul YL. Hal ini dimaksudkan agar, masyarakat dapat berlama-lama berkunjung di CPI. Begitu juga bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan waktu senggang antara usai Salat Magrib di Masjid 99 Kuba.

Andi Darmawan menyebutkan, total anggaran yang dipakai dalam pengerjaan tersebut sebesar Rp6,8 miliar. Adapun rinciannya yakni, Rp1,3 miliar untuk konstruksi kolam, dan Rp5,3 miliar digunakan untuk membeli kelengkapan peralatan. Termasuk pompa dan peralatan penunjang lainnya.

Dikatakan Darmawan, pengerjaan konstruksi air mancur Wae Sabbe to Malebbi’ mulai dikerjakan pada bulan September 2017 lalu.

“Jadi lama pengerjaannya hanya 6 bulan. Air mancur ini terbesar kedua di luar Pulau Jawa, yakni di Purwokerto,” kata Andi Darmawan.

Air mancur Wae Sabbe to Malebbi’ rencananya bisa dinikmati satu kali dalam sepekan, yakni pada malam Minggu.

Dalam sekali dinyalakan, Wae Sabbe to Malebbi’ ini hanya sekitar 30 menit sampai 45 menit. Yakni dari setelah Salat Magrib sampai setelah Salat Isya.

Untuk sekali pengoperasian, air mancur ini hanya menggunakan daya listrik sebesar 300 ribu Watt. (SF)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top