Sulsel

Penerbangan Garuda Indonesia, Rute Makassar-Selayar  diresmikan Pj Gubernur Sulsel

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono resmikan penerbangan Garuda Indonesia Rute Makassar-Selayar

SULAWESION.COM, SELAYAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono meresmikan penerbangan Makassar – Selayar yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia.

Penerbangan yang perdananya terbang pada Senin (16/4/2018) lalu,  merupakan penerbangan yang berklasifikasi rute perintis tersebut merupakan bentuk implementasi konektivitas yang dilakukan Garuda Indonesia bersama dengan Pemerintah Daerah Sulsel dan Pemda Kepulauan Selayar.

Soni, berharap penerbangan ini memberikan nilai tambah, termasuk perkembangan wisata di Selayar.

“Pengembangan kawasan khusus pariwisata tidak hanya tergantung bupatinya, tetapi semua komponen, tokoh agama dan masyarakat, bupati adalah pendobrak pintu gerbang,” kata Soni.

Soni juga menyebutkan perhatian Pemerintah Pusat pada daerah terluar dan kepulauan sangat penting.

“Nda usah ragu, Pemerintah Pusat saat ini, kebetulan saya juga menangani, namanya Dewan Otonomi Daerah juga memperhatikan alokasi ke daerah-daerah yang memiliki kepulauan dan pantai,” sebutnya.

Untuk itu, pemberian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) berbeda dengan daerah daratan, ada nilai plusnya karena ada bobot permsalahan lebih.

Soni menyebutkan bahwa pengembangan pariwisata yang cocok di Selayar adalah melibatkan pemerintah, swasta dan juga masyarakat sekitar.

“Jadi kita menyebutkanya, public- private and people tourism development, jadi harus melibatkan semua rakyat Selayar,” ungkapnya.

Ia yang baru pertama kali datang ke Selayar berjanji akan kembali ke Selayar untuk bermalam dan menikmati keindahan Kabupatan yang memiliki gugusan atol ketiga terbesar dunia ini, Takabonerate.

Bupati Kabupatan Kepulauan Selayar, Basli Ali, berterima kasih atas respon dan tambahan pelayanan yang diberikan kepada Kepulauan Selayar dengan hadirnya penerbangan baru ini.

“Sebagai kabupaten yang terpisah dengan daratan Sulawesi Selatan, saya sangat merasa bersyukur bisa memberikan tambahan pelayanan pada masyarakat yang ada di Kepulauan Selayar,” ungkap Basli.

Basli menambahkan, berhap agar penerbangan ini bisa dievaluasi dalam beberapa bulan,  dan dia yakin penerbangan ke Selayar menjanjikan sehingga pihak Garuda Indonesia dapat menambah frekuensi setiap hari.

Diketahui, Garuda Indonesia di Selayar melayani penerbangan Makassar-Selayar tiga kali setiap minggunya (Senin, Rabu, dan Jumat) dengan menggunakan armada ATR 72-600 yang memiliki kapasitas kursi sebanyak 70 kursi ekonomi.

Penerbangan Makassar – Selayar dilayani dengan GA 7856 dengan waktu tempuh selama 50 menit dengan jadwal keberangkatan dari Makassar pada pukul 14.10 WITA dan tiba di Selayar pada pukul 15.00 WITA.

Sementara itu penerbangan dari Selayar menuju Makassar dilayani dengan GA 7857 berangkat dari Selayar pada pukul 15.35 WITA dan tiba di Makassar pada pukul 16.15 WITA. (SF)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top