Sulsel

Puncak kemilau Toraja berlansung damai dan ramai

Acara Kemilau Toraja yang merupakan eksplorasi dari lovely Desember

SULAWESSION.COM, TORAJA – Acara Kemilau Toraja yang merupakan eksplorasi dari lovely Desember, tetap dilakukan. Meski tidak mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah serta pusat, acara ini pun tetap berlangsung ramai dan damai.jumat (28/12/2018).

Bupati Tanah Toraja, Nikodemus Biringkanae, pun dalam sambutannya menyinggung Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) agar setiap kebijakannya dapat menyentuh aspek kepariwisataan Tana Toraja.

“Agar kebijakan itu bisa diadakan pada tahun-tahun kedepan. Saya mohon kepada bapak gubernur tetap mendorong energi pariwisata Toraja.

Untuk itu kebijakan pariwisata kedepan disinergikan lebih banyak ke Toraja,” kata Niko, kemarin.

Menurtnya, hadirnya kebijakan gubernur yang berpihak kepada pariwisata dapat mendukung potensi pertumbuhan ekonomi di daerah berjuluk Toraya Maelo ini.

“Salah satu daya saing yang dimiliki oleh kabupaten Tana Toraja adalah jasa pariwisata. Oleh karena itu andalan Tana Toraja dalam mendorong pariwisata mengandalkan adat budaya yang unik dengan alam yang terbentang luas dan indah dihuni orang yang berprilaku baik, bersahabat, bersahaja. Tidak mengenal kulit, ras, warna. Kita bersaudara di antara kita semua. Kita semua anak bangsa,” paparnya.

Niko pun menyadari, tidak semaraknya puncak acara Kemilau Toraja ini lantaran pusat sudah tidak meliriknya sebagai kalender even nasional.

“Saya merasakan kebijakan kemaritiman kemarin dari 10 kabupaten kota yang diundang. Hanya empat even dipilih di Sulsel, sayangnya tidak termasuk Toraja. Saya tidak kecewa tetapi saya. Sudah masuk daftar pak. Even kita masih bisa dapat. Insha Allah tahun depan masih bisa dapat,” paparnya.

Menjawab hal itu, Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Asisten I Sulsel, Ahmad Salim, mengatakan dukungan pemerintah provinsi terhadap kemajuan pariwisata Toraja akan dirasakan tahun depan.

Salim, dalam sambutan yang ia bacakan menyebut jika akses jalan baru menuju Tanah Toraja dan Toraja Utara akan dibuka.

“Dalam waktu dekat pak gubernur akan membuat jalan tembus dari Bua Kabupaten Luwu, menuju ke Kabuoaten Toraja. Selain itu, presiden sudah berjanji akan menyelesaikan bandara buntu kuni segra, dan gubernur bertanggung jawab kedepan atas infrastruktur ini,” ulasnya.

Selain itu, ia juga memuji akan potensi wisata di Toraja. Baik dari segi kebudayaan yang unik, juga potensi alam yang dinilai sangat memanjakan mata.

“Sebagai destinasi unggulan, Toraja memang banyak dikenal hingga manca negara maupun wisatawan dalam negeri. Namun beberapa waktu lalu sempat mengalami penurunan sehingga menjadi tugas kita bersama sebagai destinasi yang diminati seluruh wisatawan. Toraja membutuhkan tenaga handal membutuhkan pemuda Toraja membangun pariwisata lebih baik kedepannya,” ulasnya.

Sementara itu, Esthy Reko Astuti, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, mengatakan alasan keluarnya Kemilau Toraja dari kalender even nasional karena nama yang terus berganti dan seperti tidak konsisten.

“Saya kira nama even ini bagaimana komit dari seluruh kepala daerahnya. Tadi sudah menyatakan komitmen itu dan kedepan semoga bisa masuk lagi,” ulasnya.

Selain itu, Esthy juga masih protes dengan beberapa kemasan even Kemilau Toraja belum begitu menarik. Baik dari sajian tarian, busana dan sebagainya.

“Harus memperhatikan coverage even, dari nama, kostum, tarian yang menarik harus betul-betul diperhatikan. Sayang jika melihat potensi di Tana Toraja sangat bagus harus dipertahankan,” ungkapnya.

Ia pun memberikan usulan kepada Pemda agar merubah nama Kemilau Toraja menjadi Kemilau Pesona Toraja. (SF)

Sebarkan:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

Sulawesion merupakan portal berita sulawesi yang menyajikan berita dan informasi menarik yang menghibur, bermanfaat dan inspiratif.

Jika anda memiliki pertanyaan tentang kebijakan privasi atau perlakuan kami atas data pribadi anda, anda dapat mengirimkan email ke support@sulawesion.com

Berita Populer

Arsip Berita

Copyright © 2016. All rights reserved.

To Top