Wagub Steven Kandouw: Kehadiran Polnustar Tingkatkan IPM Sulut dan Sangihe

 

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O. E. Kandouw saat memberikan sambutan pada peresmian Gedung Kampus Politeknik Nusa Utara (Polnustar), di Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa(31/1/2023). (Foto: Pemprov Sulut)

Bacaan Lainnya

SANGIHE, SULAWESION.COM – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven O. E. Kandouw hadiri secara langsung peresmian Gedung Kampus Politeknik Nusa Utara (Polnustar), di Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa(31/1/2023).

Peresmian Gedung Kampus Polnustar tersebut turut dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (RI) Dr Ir Kiki Yuliati, Ketua DPRD Sulut Fransiskus A Silangen, Penjabat Bupati Sangihe dr Riny Tamuntuan dan unsur pimpinan daerah serta tokoh masyarakat Kabupaten Sangihe.

Wagub dalam sambutannya menjelaskan pembangunan di daerah selalu diukur dan evaluasi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ada tiga dimensi, masing-masing kesehatan, pendidikan dan kelayakan hidup.

“Dan proxitas dan caulitas dengan ketiga dimensi tersebut antara lain adalah keberadaan Politeknik Nusa Utara ini. Jadi sudah jelas ini membantu Sulut dan Sangihe untuk meningkatkan keberadaan indeks pembangunan manusianya. Itu idealnya,” jelas Wagub Kandouw.

Beliau mengungkapkan, saat ini jumlah penduduk Sangihe sekitar 400 ribuan dan Provinsi Sulut secara keseluruhan berjumlah 2,7 juta jiwa, berarti sekitar satu persen dari seluruh penduduk Indonesia berjumlah 270an juta jiwa dan cara pandang yang 0,5 persen.

Menurutnya sudah menjadi doktrin Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) bahwa bangsa ini harus mampu bersaing di dunia internasional, salah satu cara terbaik tidak lain adalah melalui peningkatan dunia Pendidikan.

“Saya optimis melalui Polnustar ini akan menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik di masa depan. Pendidikan harus sama kualitasnya, itu menjadi tugas berat dari pendidik. Civitas akademika jangan sia-siakan,” ungkap Wagun Kandouw.

“Politeknik di seluruh Indonesia hanya 40 dan salah satunya di Nusa Utara ini. Fokus dengan apa yang telah ada, jangan belum apa-apa sudah mau bikin Fakultas Kedokteran. Tiga ini sudah luar biasa yakni keperawatan, perikanan dan informasi teknologi. Mari fokus,” sambung Wagub yang merupakan lulusan Fispol Universitas Indonesia (UI) ini.

Lebih lanjut, Wagub Kandouw menegaskan dari delapan program prioritas Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, nomor satu adalah pembangunan SDM.

“Jadi tidak usah diragukan komitmen dari pusat dan provinsi untuk pendidikan. Diharapkan lahir lulusan-lulusan berkualitas yang mumpuni nantinya akan membantu pembangunan daerah, mengangkat harkat dan martabat masyarakat. Atas nama Pak Gubernur dan seluruh masyarakat Sulut, mengucapkan selamat dan tetap semangat untuk lebih baik ke depannya,” tutup Wagub Kandouw yang juga diketahui merupakan mantan Ketua DPRD Sulut.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *