Bawaslu Maros Mulai Fokus Bahas Strategi Atasi Permasalahan Data Pemilih pada Pemilu 2024

MAROS,SULAWESION.COM- Bawaslu Kabupaten Maros mengadakan rapat koordinasi bersama KPU dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kelompok Kerja Pengawasan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Umum serentak Tahun 2024, di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Maros, Jl. Dr. Sam Ratulangi Kecamatan Turikale Maros,  Jumat (3/3/2024).

Rapat yang dipimpin Person In Charge (PIC) Anggota Bawaslu Kabupaten Maros, Muhammad Gazali Hadis mengungkapkan, agenda rapat tersebut guna membahas terkait berbagai masalah pemutakhiran data pemilih yang perlu diatasi agar dapat menjamin keakuratan data pemilih pada saat pemilihan umum nanti.

Bacaan Lainnya

“Membahas mengenai strategi untuk mengatasi permasalahan yang mungkin muncul pada saat pemutakhiran data pemilih, seperti pemilih ganda, pemilih fiktif, atau pemilih yang sudah meninggal dunia. Selain itu, juga dibahas mengenai teknis pemutakhiran data pemilih, ” katanya.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Maros, Meilany, mengungkapkan bahwa KPU telah menyiapkan beberapa langkah untuk memastikan keakuratan data pemilih. “KPU akan melakukan verifikasi data pemilih secara berkala untuk memastikan data yang ada di daftar pemilih tetap akurat dan update,” ujarnya.

Di sisi lain, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Maros, Amiruddin mengungkapkan, rapat koordinasi ini juga menjadi ajang untuk memperkuat koordinasi antara Bawaslu, KPU, dan Disdukcapil dalam memperbaiki data pemilih.

Menurutnya, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan menyelenggarakan rapat koordinasi serupa secara berkala untuk memantau kemajuan dan mengatasi masalah yang muncul.

“Melalui koordinasi yang baik, diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah terkait pemutakhiran data pemilih dan memastikan keakuratan daftar pemilih tetap pada saat pemilihan umum nanti, ” terangnya.

“Kami berharap rapat koordinasi ini dapat memperkuat kerja sama antara Bawaslu, KPU, dan Disdukcapil dalam pemutakhiran data pemilih sehingga dapat meminimalisir kesalahan data dan memastikan keakuratan data pemilih,” pungkas Amiruddin.

Rapat koordinasi ini diakhiri dengan kesepakatan bersama bahwa pemutakhiran data pemilih akan dilakukan secara terus-menerus hingga menjelang hari pemilihan umum. Pihak-pihak yang terlibat juga sepakat untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pemutakhiran data pemilih sehingga prosesnya lebih cepat, akurat, dan efektif.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota KPU Maros, Meilany dan Plt. Kadis Dukcapil, Laurensius Nong Kese, Kordiv. P3S Bawaslu Maros, Amiruddin serta anggota kelompok kerja pengawasan pemutakhiran data pemilih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *