Harga Cabai di Pasar Girian Makin Pedas

Harga cabai di Pasar Girian (Fto/Yaser)

BITUNG, SULAWESION.COMHarga cabai di sejumlah pasar makin ‘pedas’. Di kota Bitung, beberapa harga komoditas melejit cukup tinggi, salah satunya harga cabai.

Bacaan Lainnya

Harga cabai rawit merah sampai saat ini tembus di angka Rp.70.000 per kilogram (Kg). Harga itu terjadi di Pasar Girian, Rabu (22/03/2023).

Selain itu, harga bawang putih dan bawang merah juga mulai merangkak naik. Dari Rp.40.000 menjadi Rp.45.000 per kilogram (Kg).

Salah satu pedagang, Iwan mengatakan, kenaikan harga ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

Dengan kenaikan harga, katanya, berimbas kepada daya beli masyarakat. Menurut Iwan, banyak masyarakat menurunkan jumlah pembelinya.

“Otomatis pendapatan menurun pak. Biasa orang beli 2 kg sekarang hanya 1 kg. Apalagi rica (cabai) harganya makin pedas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Bitung Jhonly Tamaka tidak menampik adanya kenaikan harga cabai. Bahkan, menurutnya, ada beberapa kebutuhan pokok seperti, beras mulai bergerak naik.

Kendati begitu, dia mengatakan, telah melakukan langka-langka antisipasi untuk mengintervensi harga di pasar dengan menggelar operasi pasar di 8 kecamatan.

“Kemarin kami sudah membahas soal itu dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan. Hasilnya, pekan depan operasi pasar dilakukan,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *