Rawat Toleransi Beragama, PW Ansor Sulut, FKUB Sulut dan Panji Yosua Gelar Bukber, Berikan Bantuan kepada Kaum Dhuafa

 

 

Bacaan Lainnya

MANADO, SULAWESION.COM – Tiga organisasi besar yang menaungi sejumlah agama di Sulut sukses menggelar buka puasa bersama sekaligus memberikan santunan kepada kaum Dhuafa di Kafe Kemang, Senin (10/4/2023).

Kolaborasi yang melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulut, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Wilayah Sulut, dan Panji Yosua P/KB (Pria Kaum Bapa) GMIM ini mengusung tema “Menyemarakan Ramadan, Merawat Toleransi”.

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Ketua FKUB Sulut Pnt Lucky Rumopa, Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Yusra Al-Habsy dan Ketua Panji Yosua P/KB GMIM James Sumendap SH MH yang diwakili Pnt Franklyn Tamara selaku Ketua Panji Yosua P/KB GMIM Rayon Manado yang telah bekerja sama, bekerja keras, saling bahu-membahu, saling menjaga pada setiap momen perayaan besar keagamaan di Sulut.

Kepada awak media, Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Yusra Al-Habsy menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi di Sulut untuk semakin mempererat jalinan tali silaturahmi antar umat beragama.

“Ini adalah sebuah tradisi bagi umat beragama dalam bentuk acara buka puasa bersama dan sekaligus memberikan bantuan kepada kaum Dhuafa,” jelas Yusra.

Yusra menambahkan, kolaborasi antara FKUB Sulut dan Panji Yosua P/KB GMIM ini turut mengabarkan jika di Sulut toleransi beragamanya terjalin erat dan harmonis.

“Kehadiran panji yosua dan FKUB menyampaikan pesan kepada masyarakat di Sulut dan dunia yakni beginilah cara kita merawat toleransi. Kita selalu bergandengan dalam situasi apapun,” tambahnya.

Ketua FKUB Sulut Pnt Lucky Rumopa dalam sambutannya menuturkan perbedaan beragama di Sulut tidak menghambat segala proses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Di antara kita ini terjalin persaudaraan yang kuat dan erat, tetap menjungjung tinggi kebersamaan dan kerukunan yang ada,” tutur Rumopa.

Apalagi menurut Rumopa, di tengah-tengah kemajuan zaman di era digitalisasi ini peran FKUB sangat dibutuhkan untuk merawat sekaligus mempertahankan nilai-nilai keagamaan.

“Di tengah-tengah perubahan sosial dengan akses transformasi informatika yang begitu cepat, kami percaya FKUB, GP Ansor dan Panji Yosua P/KB GMIM untuk dapat mendesain acara ini, dan menyatakan kepada masyarakat bahwa daerah kita adalah wilayah harmonis,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panji Yosua P/KB GMIM James Sumendap SH MH yang diwakili Pnt Franklyn Tamara selaku Ketua Panji Yosua P/KB GMIM Rayon Manado mengapresiasi kegiatan ini.

“Ini merupakan penghargaan bagi kami,” jelas Pnt Franklyn.

Pnt Franklyn Tamara menambahkan, bahwa ia merasa terpanggil untuk bersama-sama menjaga kesatuan Republik Indonesia, khususnya Provinsi Sulut untuk membangun rasa aman dalam menjalankan agamanya masing-masing.

Pnt Franklyn Tamara pun mengajak masyarakat agar terus memupuk silaturahmi di Sulut.

“Mari kita rawat keberagaman beragama dalam kebhinekaan,” ajaknya.

Turut hadir Ketua BKMT Yasty Supredjo, Barisan KGPM, BKMI, Pemuda Muhamaddiyah dan Kakanwil Kantor Urusan Agama Sulut.

Noufryadi Sururama

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *