HMI Cabang Manado Dorong Kader Berinovasi dan Kolaborasi di Bidang UMKM

 

MANADO, SULAWESION.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado menggelar Forum diskusi terkait peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Aula Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senin (17/7/2023) kemarin.

Mengusung tema “Strategi Inovasi Usaha Dalam meningkatkan Daya Saing UMKM”, diskusi dimulai sekira pukul 20.30 Wita.

Pemateri pertama Ramon Karamoy mengatakan menjadi pelaku UMKM sebenarnya harus menjadi salah satu pilihan untuk setiap anak muda terlebih mahasiswa.

“Peluang sangat besar, tinggal memulai usaha sesuai minat dan passion masing-masing karena teknologi informasi saat ini sangat luas menawarkan macam-macam peluang,” kata Ramon selaku Sekretaris BPD Hipmi Sulut.

Menurutnya, strategi saat ini adalah up to date dengan informasi perkembangan bisnis yang dijalani dan terus meningkatkan kualitas service, quality control dengan standar yang jelas dan tepat.

“Kita juga perlu terus bangun relasi dan terus berjejaring untuk maksimalkan pemanfaatan sosial media,” ucapnya.

Pemateri kedua Mohammad Dino Gobel menjelaskan pasca pandemi Covid-19 pariwisata Sulut maju pesat lewat berbagai terobosan yang dilakukan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK).

“UMKM atau produk kekraf adalah salah satu sektor yang diberikan peluang oleh ODSK,” jelasnya.

Gobel menerangkan ini momentum emas bagi UMKM berkembang, karena itu ia mengajak mahasiswa untuk berinovasi, mengembangkan UMKM untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar.

“Saya salut dengan Ketua Umum HMI Manado Ali atas prakarsa sharing enterpreneur malam ini, Inshaallah Allah HMI Manado bisa jadi motor kebangkitan UMKM di Sulut. Yakusa HMI Manado,” terang Gobel Selaku Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata.

Sementara pemateri ketiga Naula Q Modjo menjabarkan mungkin bisa lebih memprioritaskan ide-ide di tiap masyarakat yang ada agar bisa digunakan untuk membuka usaha UMKM.

“Karena sebenarnya kita juga punya ide tetapi mungkin kendalanya di modal awal sehingga dengan adanya organisasi-organisasi yang bicara soal UMKM atau forum-forum diskusi terkait UMKM semoga bisa membantu masyarakat yang ingin membuka usaha,” jabar Pemilik FotoSendiri.studio ini.

Di tempat yang sama Ketua Umum HMI Cabang Manado Ali menyebutkan sharing entrepreneurship ini mendorong kader mereka untuk berikhtiar melalui UMKM.

“Setiap organisasi sudah harus mampu mendidik, melatih dan mendorong kader untuk mengembangkan usaha sejak muda,” sebutnya.

Menyadari tantangan lapangan pekerjaan yang sedikit, jelas Ali, ditambah jumlah demografi yang semakin meningkat, maka HMI Cab Manado mendorong kemampuan setiap kader untuk berinovasi dan kolaborasi di bidang UMKM.

“Karna kemampuan kader muda saat ini harus tetap didorong agar antrian lapangan kerja tidak lagi terjadi dan angka pengangguran bisa ditekan,” jelasnya.

Di HMI sendiri menurut Ali, mereka mengamalkan yang namanya lima kualitas insan cita dan salah satu dari itu ialah insan pencipta yang telah jelas menuntun setiap kader agar mampu menciptakan perubahan-perubahan di setiap tempat dan zamannya.

“Maka itu saya siap mendukung penuh setiap UMKM kader dari yang baru ingin memulai hinga yang saat ini sedang berjalan,” pungkasnya.

Noufryadi Sururama

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *