Antisipasi Dampak El-Nino, Distan Mitra Demonstrasi Gerakan Pengendalian Serentak

Kepala Dinas Pertanian Ir. Vecky Monigir saat mendemonstrasikan penyiraman lahan, Rabu 30 Agustus 2023.(Foto:distan mitra)
Kepala Dinas Pertanian Ir. Vecky Monigir saat mendemonstrasikan penyiraman lahan, Rabu 30 Agustus 2023.(Foto:distan mitra)

MITRA,SULAWESION.COM- Dinas Pertanian ( Distan) Minahasa Tenggara (Mitra) merespon cepat untuk menaggulangi dampak cuaca extrim yaitu gelombang cuaca “El Nino”, yaitu menindak lanjuti surat dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara, tentang pelaksanaan Gerakan Pengendalian Serentak Antisipasi El-Nino.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Tababo Selatan, tepatnya di lahan perkebunan jagung kelompok Tani Aparat Desa, Rabu 30 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian Ir. Vecky Monigir menuturkan, dalam mengantisipasi musim kering saat ini, akibat dari kondisi iklim El-Nino yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir, maka pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi berupa upaya khusus untuk menjaga kontuinitas produksi pangan melalui gerakan pengendalian serentak antisipasi El-Nino ini, yaitu dengan mengikuti kegiatan langsung via Zoom Meeting yang dilaksanakan oleh dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut.

“Kami sudah siapkan peralatan penunjang yaitu salah satunya dengan menyiapkan pompa air di wilayah yang mengalami kekeringan serta melaksanakan demonstrasi penyiraman lahan pertanian kering dengan memanfaatkan pompa air,” kata Monigir.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hutilkultura (TPH) Distan Mitra Nofry Rompas.

Menurut Rompas terkait hal ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya antisipasi yang di mulai dari perbaikan dan rehabilitasi jaringan irigasi.

“Langkah-langkah sudah kami siapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dari hasil pertanian saat ini yang disebabkan oleh badai tropis El-Nino,” pungkas Rompas.

Hadir bersama dalam kegiatan ini,Sekretaris Dinas Pertanian Mitra Abdul Karim Pontoh,Hukum Tua Desa Tababo Selatan Citra Kawulusan, Kelompok Tani, Jajaran Dinas Pertanian dan Kepala BPP se-Mitra.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *