Dandim 1422 Maros Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa dan Masyarakat

MAROS,SULAWESION.COM— Komandan Kodim (Dandim) 1422/Maros Letkol Inf Budi Rahman menjadi Pemateri dalam acara Lembaga Pengabdian  dan Penelitian Masyarakat (LPPM) UNHAS di Baruga A Kantor Bupati Maros, Selasa  (19/7/2022).

Letkol Inf Budi Rahman memberikan wawasan kepada Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) jurusan Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Departemen Ilmu Administrasi.

Bacaan Lainnya

“Kita memberikan wawasan kebangsaan untuk Menangkal pengaruh negatif maupun doktrin dan paham-paham Radikalisme dikalangan masyarakat,” jelasnya

Dalam kesempatan itu,  Dandim 1422/Maros Letkol Inf Budi Rahman juga memberikan materi Kebijakan Pemerintah Mengenai Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme Kebangsaan Serta Potensi Komplik dan Radikalisme di Masyarakat.

“Wawasan kebangsaan adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi  atas kesadaran dan diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Menurut Dandim,  materi ini perlu diberikan mulai sejak dini,  karena Mahasiswa merupakan sebuah aset bangsa yang sangat berharga,  sehingga perlu  dijaga keberadaannya dari potensi komplik dan radikalisme.

Dandim menambahkan negara yang berdaulat keluar dan kedalam serta kekuasaan untuk mengatur dan memimpin seluruh daerah, berada pada pemerintah pusat beberapa kewenangan disentralisasikan kedaerah atau subnasional Fiskal, pertahanan dan keamanan agama, pendidikan.

Indra Sadli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *