Kadis Kesehatan Bolmut Ali Dumbela Raih Gelar Doktor, Ini Temuan Hasil Risetnya

Kadis kesehatan Bolmut Aly Dumbela bersama Rektor UNG Eduart Wolok. (Dok DoktorAdmpublik UNG)

BOLMUT,SULAWESION.COM- Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Ali Dumbela berhasil meraih gelar doktor bidang administrasi publik pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Selasa 9 Januari 2024.

Ali Dumbela sendiri mengambil disertasi yang berjudul “Evaluasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”.

Bacaan Lainnya

Disertasi ini bertujuan untuk melihat efektivitas kebijakan jaminan kesehatan nasional di wilayah Bolmut. Selanjutnya
hasil riset menyoroti beberapa aspek penting. Dan terungkap meskipun kebijakan jaminan kesehatan nasional sudah ada, namun implementasinya belum mencapai tingkat optimal dalam mencakup seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu Keterbatasan dalam implementasi kebijakan tersebut juga menjadi fokus kajian dengan menggarisbawahi sejumlah faktor yang mempengaruhi keterjangkauan layanan kesehatan bagi warga.

Dari penjelasan pdap.pascasarjana. UNG, temuan dari penelitian, direkomendasikan perlu adanya model evaluasi kebijakan distributif yang terdiri dari Komitmen pegawai, Kolaborasi, kelompok penerima, kriteria penerima, konsesnus kebijakan dan ketersediaan anggaran.

Temuan dari disertasi ini memberikan pandangan mendalam tentang kebijakan jaminan kesehatan nasional di tingkat lokal.

Hasil riset ini, Dumbela mengusulkan adanya langkah-langkah strategis dan solusi implementatif yang lebih baik untuk meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bolmut.

Dengan adanya temuan ini dapat menjadi pijakan bagi penyempurnaan kebijakan di masa mendatang guna meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi semua warga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *