Pj Bupati Mitra Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Via Zoom Meeting

MITRA,SULAWESION.COM–Pj Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Ronald Sorongan, M.Si bersama Sekda Mitra David Lalandos dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Mitra mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) mingguan pengendalian inflasi daerah bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melalui zoom meeting di kantor Bupati Mitra, Senin (13/05/2024).

Rakor dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri RI Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, yang diikuti oleh para Menteri, Pemerintah non Pemerintah, Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia dan segenap undangan lainnya.

Dalam arahannya Tito Karnavian menyampaikan bahwa perkembangan inflasi nasional bulan april 2024 year on year (y-o-y) mengalami penurunan dari 3,05% menjadi 3,00% dan month to month juga mengalami penurunan signifikan dari 0,52% menjadi 0,25%.

Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik Windhiarso Putranto memaparkan data terkait tinjauan inflasi dan Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu kedua bulan Mei tahun 2024. Berdasarkan data SP2KP pencatatan tanggal 6 s/d 8 Mei 2024.Secara nasional sebanyak 184 Kabupaten/Kota mengalami kenaikan IPH di minggu kedua Mei yang sedikit menurun dari minggu lalu yakni 192 Kabupaten/Kota.

Sesudah rapat via zoom meeting ini Pj Bupati Mitra Ir Ronald Sorongan M.Si menghimbau kepada dinas terkait untuk selalu berkoordinasi, memantau perkembangan harga di pasar-pasar tradisional supaya harga itu bisa diketahui jika terjadi gejolak harga, supaya kita dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan komoditas apa yang mengalami kenaikan harga agar mudah untuk mengendalikannya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *