Dihadiri Pj Bupati Maybrat Papua Barat Daya, Festival Benlak Tahun 2024 Dibuka

MITRA,SULAWESION.COM-Festival Bentenan Lakban (Benlak) secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Ronald Sorongan,M.Si di Pantai Lakban, Ratatotok, Senin, (20/5/24). Dengan mengusung tema Pengembangan Seni Budaya dan Memperkuat Ketahanan Pangan Daerah.

Dalam pembukaan Festival Lakban tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Henry R.W. Kaitjily, Kapolres Mitra AKBP Sisbiantoro, perwakilan Dandim 1302 Minahasa, Pj Bupati Kabupaten Maybrat Papua Barat Daya Dr.Bernhard E.Rondonuwu,S.Sos.,M.Si beserta rombongan keseniannya, Sekda Mitra David Lalandos, AP, MM, Ketua TP-PKK Mitra Ir. Ellen Cumentas, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lingkan Mumek, MM, dan Kejari Minsel Mitra.

Saat pembukaan kegiatan tersebut, para pengunjung yang hadir dapat menikmati berbagai kegiatan seni yang telah dikemas oleh panitia maupun dinas Pariwisata Kabupaten Mitra.

Penampilan tarian tradisional dari Kabupaten Maybrat Papua Barat Daya juga turut meramaikan kegiatan ini. Tarian Polineis masal yang melibatkan kelompok polinase siswa SMKN 1 Ratahan serta tumpukan musik bambu clarinet Unduman Milinial Mitra menjadi daya tarik utama di hari pembukaan kegiatan.

Ketua Panitia HUT Kabupaten Mitra Arnold Mokosolang mengatakan bahwa pembukaan Festival Benlak di Pantai Lakban nantinya juga akan berlangsung di Ibu Kota Kabupaten Mitra yaitu Kota Ratahan, tepatnya di panggung kesenian dan stand pameran.

“Di sana juga akan dilaksanakan berbagai lomba seperti lomba Maengket antar pelajar SMP, koor gaya, dan polinase akan turut memeriahkan acara, ujar Mokosolang.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sulut Hendry Kaitjily dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Festival Benlak merupakan aset budaya pariwisata unggulan yang lahir di Kabupaten Mitra.

Lanjut Kaitjily, Kabupaten Mitra kaya akan sumber daya besar untuk pengembangan pariwisata, Pertanian, Industri, dan Pertambangan yang mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke Kabupaten Minahasa Tenggara,” ujar Kaitjily.

Sementara itu, Pj Bupati Mitra Ronald Sorongan menuturkan bahwa pembukaan Festival Benlak tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Ratatotok dan nantinya dilanjutkan di Kecamatan Ratahan, tepatnya di depan Plaza Ratahan.

Lanjut Sorongan, kegiatan Festival Benlak menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan UMKM dan IKM kepada masyarakat luas.

Orang nomor satu di kabupaten Mitra ini pun menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Pj Bupati Maybrat dan tim kesenian yang telah berpartisaipasi dan memeriahkan HUT Mitra Ke-17 tahun 2024. juga panitia pelaksana, SKPD, sponsor seperti Bank Sulut Go Cabang Ratahan, IT Center, dan seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi.

“Saya atas nama pemerintah dan keluarga mengucapkan selamat merayakan kegiatan festival Benlak dalam rangka memeriahkan HUT kabupaten Mitra yang 17 tahun,” pungkas Sorongan.

Diapun berharap Festival Bentenan Lakban tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga wadah untuk memperkenalkan potensi daerah kepada dunia luar, serta festival ini juga mampu memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan seni budaya dan ketahanan pangan di Kabupaten Mitra.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *