Pemulihan Pasca Bencana, ASN Pemkab Sitaro Gelar Kerja Bakti Massal di Tagulandang

ASN Pemkab Sitaro menggelar kerja bakti massal di Tagulandang. (Ist)

 

 

Bacaan Lainnya

SITARO, SULAWESION.COM– Penanganan bencana erupsi Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro memasuki masa transisi daru tanggap darurat ke pemulihan pasca bencana.

Status penanganan ini dimulai sejak 11 Juni 2024 dan berlaku hingga 8 Desember mendatang atau sekira 180 hari kedepannya.

Sebagai langkah awal di masa pemulihan ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menerjunkan seluruh ASN di lingkup pemerintah daerah untuk melaksanakan kerja bakti massal di wilayah Tagulandang.

Kerja bakti yang berlangsung pada Selasa (12/6/2024) itu dipimpin Asisten III Sekda, Samuel Raule mewakili Penjabat Bupati, Joi Oroh dan diawali dengan apel kerja bersama di aula kantor Kecamatan Tagulandang.

Kesempatan itu, Raule bilang, kerja bakti massal dari seluruh ASN menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-17 Kabupaten Sitaro.

“Selain upacara dan ibadah syukur, bakti sosial ini juga jadi bagian dari peringatan HUT Daerah. Makanya kita hadir disini untuk kegiatan dimaksud. Walaupun memang agak terlambat, tapi hal ini tidak mengurangi nilai dari upaya kita dalam membantu sesama,” kata Raule.

Selain kerja bakti, pemerintah daerah juga menggelar Trauma Healing atau proses pemulihan gangguan psikologi atas musibah bencana erupsi Gunung Ruang beberapa waktu lalu.

“Trauma healing pada anak-anak terutama karena mereka (anak-anak) masih trauma atau terus mengingat letusan gunung sehingga perlu ada pemulihan,” ungkapnya.

Menurut Raule, kehadiran ASN dalam kerja bakti massal ini guna memberikan semangat kepada seluruh masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Ruang agar bisa kembali menjalani kehidupan seperti biasanya.

“Kita hadir untuk pemulihan fisik, tapi bukan dalam artian kita bukan membuat bangunan, tapi kita berkesempatan untuk melakukan pembersihan sekaligus memberi semangat kepada masyarakat,” ujar Raule.

“Dengan kehadiran kita ASN dan seluruh THL, jajaran pemerintah di Tagulandang akan memberikan dampak yang baik terhadap mental. Pertanda bahwa masyarakat tidak sendiri, tapi ada kehadiran pemerintah,” katanya lagi.

Setelah apel kerja bersama, seluruh ASN dan THL disebar di titik-titik yang telah ditentukan di wilayah Tagulandang untuk melakukan pembersihan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *