Jelang Idul Adha Hewan Ternak di Maros Gencar diperiksa

MAROS,SULAWESION.COM – Menjelang perayaan hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros gencar memeriksa kesehatan sapi yang akan disembelih.

Dalam hal ini, pemeriksaan hewan dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) bersama Dinas Peternakan di salahsatu peternakan warga Kelurahan Taroada, Kecamaran Turikale, Kabupaten Maros.

Bacaan Lainnya

“Hari ini ada beberapa titik yang kami lakukan pemeriksaaan kesehatan hewan khsusunya pada sapi kurban, ini adalah titik terakhir,” kata Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), drh Ujistiany Abidin, Kamis (13/6/2024).

Ujistiany mengatakan pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan umum pada organ tubuh yang nampak dari luar. Misalnya kepala, kaki, cermin hidung dan bulu sapi.

Ia menyebutkan dari pemeriksaan yang dilakukan di 14 kecamatan, tak ditemukan hewan yang sakit.

“Ciri dari hewan yang sakit bisa dilihat dari luar, misal cermin hidung yang kering, bulu dan keaktifan hewan tersebut,” tambahnya.

Usai pemeriksaan, beberapa hewan yang telah diperiksa akan diberikan label sehat dan dokumen hasil pemeriksaan.

“Setelah itu kami memberikan dokumen dan kami menerbitkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang menjadi syarat dokumen lalu lintas hewan,” terangnya.

Ia menuturkan pihaknya juga telah melakukan monitoring di tiap peternakan agar memisahkan sapi yang baru dan yang lama.

“Biasanya dipisah 3-7 hari. Tujuannya untuk melihat apakah hewan tersebut membawa penyakit atau tidak,” imbuhnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga akan tetap melakukan pemeriksaan post

Selain itu, saat hari raya dilakukan post mortem pada hewan yang telah disembelih.

Diketahui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyiapkan 2.402 ekor hewan kurban tahun ini. Hewan kurban ini tersebar di peternakan 14 kecamatan.

“Jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 2.132 ekor sapi, 260 ekor kambing, dan 10 ekor kerbau,” ujar Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Jumat (24/5/2024). (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *