Perubahan Layanan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin: Terminal Keberangkatan Pindah ke Terminal Baru Mulai 19 Juni 2024

Keterangan Gambar: Terminal Baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros yang rencananya akan dioperasikan secara minimal (Sulawesion.com/Indra Sadli Pratama)

MAROS, SULAWESION.COM – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan memindahkan area layanan penumpang keberangkatan dari terminal lama ke terminal baru mulai 19 Juni 2024.

Perubahan ini mencakup akses dan alur kendaraan serta penumpang. Alur kendaraan roda empat yang menurunkan penumpang, alur kendaraan roda empat yang parkir, alur kendaraan roda dua, dan alur penumpang transfer akan mengalami penyesuaian.

Bacaan Lainnya

Akses masuk ke area check-in dan pemeriksaan juga akan berubah dari akses sebelumnya.

Guna memastikan kelancaran proses tersebut, PT Angkasa Pura I telah melakukan sosialisasi dan familiarisasi kepada stakeholder bandara seperti Otoritas Wilayah V Makassar, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Makassar, maskapai penerbangan, dan ground handling. Hal ini bertujuan agar setiap petugas memahami alur dan proses kerja di terminal baru.

“Untuk memastikan sarana dan fasilitas dapat berjalan dengan baik, kami telah melakukan sosialisasi dan percobaan dengan stakeholder bandara. Per tanggal 19 Juni 2024, penumpang berangkat akan dilayani di Terminal Keberangkatan Baru Bandara,” ujar Minggus Gandeguai, General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggu (16/6/2024).

Minggus menambahkan bahwa pemindahan layanan ke Terminal Baru akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan layanan keberangkatan.

“Sebagian area di Terminal Baru akan dioperasikan dengan luasan 9.139 m² untuk area check-in dan 5.336 m² untuk area pemeriksaan penumpang serta jalur menuju ruang tunggu,” katanya.

Kemudian, penumpang transfer tetap akan keluar melalui area kedatangan eksisting dan akan disediakan shuttle bus untuk mengangkut penumpang transfer menuju ke terminal baru.

“Penumpang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sekitar 10-15 menit dari Area Check-In ke Ruang Tunggu. Oleh karena itu, kami menghimbau agar para penumpang dan pengantar memperhatikan penunjuk arah yang ada agar tidak salah arah serta datang 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan,” tambah Minggus.

Selain menyediakan penunjuk arah, pengelola bandara juga akan mengerahkan petugas “Helper” yang siap membantu penumpang agar tidak salah jalur di Terminal Baru.(rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *