18 Poin Suara Anak Daerah Bolmut Tahun 2024

BOLMUT,SULAWESION.COM- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Yani Lasama mendampingi kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam penyusunan suara anak daerah tahun 2024, Jumat 21 Juni 2024 di Cafe Coconut kawasan pantai Batu Pinagut.

Berikut suara anak Bolmut pada tahun 2024 yang dibagi kedalam lima klaster.
1. Memohon kepada dinas kominfo untuk membuat call center tentang masalah-masalah kekerasan, pelecehan dan pengelantaran pada anak dan perempuan.
2. Memohon kepada pemerintah kabupaten Bolmut agar bisa AGAR BISA bersinergi bersama FAD lebih diikut sertakan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah desa di Bolmut.

3. ⁠Memohon kepada pemerintah untuk membuat lebih banyak wadah partisipasi anak contohnya membuat organisasi selain FAD dan generasi berencana (Genre) untuk pengembangan partisipasi anak.
KLASTER 2.
1. Memohon kepada pemerintah desa untuk meningkatkan makanan tambahan untuk bayi balita dan lansia yang ada di posyandu untuk seluruh desa di Bolmut.
2. Memohon kepada pemerintah agar menetapkan tenaga kerja yang sesuai dengan kemampuan untuk pemenuhan kegiatan belajar mengajar pada lembaga pengembangan usia dini.
3. Memohon kepada pemerintah untuk menyediakan fasilitas pantai asuhan yang layak untuk mencegah resiko anak-anak terlantar
KLASTER 3.
1. Memohon kepada pemerintah untuk menyetarakan posyandu remaja di seluruh kecamatan di kabupaten Bolmut.
2. Memohon kepada pemerintah lebih teliti dalam pendataan status gizi pada balita yang ada di seluruh Kecamatan di kabupaten Bolmut.
3. Memohon kepada pihak dinas kesehatan untuk menyediakan pelayanan konseling kesehatan remaja di tiap tiap fasilitas kesehatan.
4. Memohon kepada pemerintah menyediakan fasilitas akses air minum bersih gratis di setiap tempat umum.
5. Memohon kepada unit P3A dan pihak kepolisian mengadakan razia narkoba bagi anak dan remaja disetiap desa .
KLASTER 4
1. Memohon kepada pemerintah untuk menyediakan sekolah gratis pada anak anak yang kurang mampu agar mereka bisa mendapatkan hak mereka sebagai anak yaitu wajib belajar 12 tahun.
2. Memohon kepada pemerintah agar lebih memperketat keamanan dilingkungan sekolah, agar tercipta lingkungan belajar yang aman, nyaman dan ramah anak.
3. Kemohon kepada pemerintah agar menyediakan sanggar seni yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat anak-anak yang ada di Bolmut.
KLASTER 5
1. Mengimbau kepada pemerintah membuat kebijakan peraturan daerah agar ada sanksi hukum sosial ketika terjadi pernikahan usia anak.
2. Memohon kepada pemerintah lebih khususnya kepada pihak yang berwajib agar lebih memperketat penjagaan di setiap apadnya event/acara-acara tertentu yang berpotensi terjadinya kekerasan fisik dan pelecehan.
3. Memohon kepada pemerintah lebih khususnya kepada pihak yang berwajib agar lebih mengantisipasi ketika terjadinya perkelahian terhadap anak dan mempercepat proses hukum.
4. Memohon kepada dinas sosial agar lebih melengkapi penyediaan alat bantu untuk anak-anak disabilitas.
“Selanjutnya ini akan diserahkan ke pimpinan daerah dan akan dibawa pada tingkat Provinsi dalam memperingat Hari Anak Nasional,”ujar Kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *