Porkab Maros Kembali Digelar Setelah 44 Tahun, Fokus Jaring Atlet untuk Porprov 2026

MAROS, SULAWESION.COM- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maros menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang akan berlangsung selama enam hari, mulai Kamis hingga Selasa, 4 – 10 Juli 2024.

Bupati Maros, Chaidir Syam, saat ditemui awak media mengungkapkan bahwa Porkab baru dilaksanakan kembali setelah terakhir kali diadakan pada tahun 1980.

Bacaan Lainnya

“Pekan olahraga ini seharusnya dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Namun, terkendala oleh pandemi COVID-19 dan berbagai alasan lainnya, sehingga baru bisa dilaksanakan sekarang,” ujarnya usai pembukaan Porkab Maros di Lapangan Pallantikan, Kamis malam, (4/7/2024).

Chaidir menambahkan, Porkab bertujuan untuk menjaring atlet-atlet yang akan dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026 mendatang.

“Porkab ini sebagai ajang persiapan Pra Porprov dan Porprov. Diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet kompeten dari Porkab ini,” tambahnya.

Demi mendukung kemajuan olahraga di Kabupaten Maros, Chaidir juga berencana membangun GOR mini dan merehabilitasi lapangan Kassi Kebo.

“Mulai tahun depan, revitalisasi lapangan Kassi Kebo dan beberapa lapangan di kecamatan akan mulai dilakukan. Untuk pembangunan GOR mini tahap pertama, kami mengalokasikan Rp750 juta,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KONI Maros, Marjan Massere, mengungkapkan bahwa total ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkab kali ini, dengan 1.015 atlet berpartisipasi.

KONI Maros juga menyediakan Rp330 juta sebagai uang pembinaan bagi atlet yang berhasil meraih juara.

“Sumber dananya berasal dari dana hibah sebesar Rp1 miliar, dengan total hadiah Rp330 juta,” sebutnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *