Jelang Pusdiklat Paskibraka, Panitia Pelaksana Kabupaten Sitaro Ikut Bimtek dari BPIP

Panitia pusdiklat paskibraka Sitaro saat mengikuti bimtek dari BPIP RI di komplek perkantoran Kelurahan Ondong Siau Barat, Selasa 9 Juli 2024. (Foto: Vian Hermanses)

SITARO, SULAWESION.COM – Awal Agustus mendatang, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Badan Kesbangpol bakal menggulirkan pemusatan pendidikan dan pelatihan atau pusdiklat bagi Calon Paskibraka.

Dimana pusdiklat itu bertujuan untuk membentuk jiwa nasionalisme dan mental serta meningkatkan sikap kepemimpinan dalam diri anggota sekaligus membangun jiwa solidaritas dan melatih kepemimpinan.

Bacaan Lainnya

Untuk memantapkan persiapan pelaksanaan pusdiklat dimaksud, Badan Kesbangpol bersama jajaran panitia Pusdiklat Paskibraka Sitaro mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Selasa (9/7/2024).

Bimtek yang berlangsung secara virtual itu diikuti oleh pihak panitia di kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Sitaro tepatnya di komplek perkantoran Kelurahan Ondong Siau Barat.

Kepala Badan Kesbangpol Sitaro Gandawari Mulalinda mengatakan bimtek yang diikuti akan menjadi bekal bagi panitia pelaksana di daerah dalam melaksanakan seluruh rangkaian pusdiklat paskibraka.

“Ini (bimtek_RED) sangat penting untuk kita ikuti bersama karena semua yang terkait teknis pelaksanaan (pusdiklat_RED) jelas disampaikan dalam bimtek tadi,” katanya.

Dia berharap seluruh panitia yang akan terlibat dalam kegiatan nanti dapat memahami setiap materi yang diberikan narasumber, sehingga jalannya pusdiklat paskibraka di Sitaro sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Baik itu unsur unsur pembinanya, fasilitatornya, pelatihnya, pamong hingga pendukung dari unsur keamanan dan medisnya bisa paham dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing,” harap Mulalinda.

Dari catatan yang diperoleh wartawan, sedikitnya terdapat empat materi pokok yang disampaikan masing-masing narasumber dalam pelaksanaan bimtek yang dilaksanakan BPIP RI.

Mulai dari Pemusatan Diklat Paskibraka Provinsi dan Kabupaten/Kota, Sistem Pendekatan Desa Bahagia, Pancasila serta Pembelajaran Aktif Calon Paskibraka.

Selain dari unsur BPIP RI, hadir pula sebagai pemateri antara lain dari Ketua Umum Duta Pancasila Paskibraka Indonesia 2022-2026 Yuslihayanti.

Sedangkan panitia pusdiklat daerah yang mengikuti bimtek antara lain pihak Kesbangpol Sitaro, unsur TNI dan Polri, tenaga kesehatan serta purna paskibraka Indonesia Kabupaten Sitaro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *