Pekan Imunisasi Nasional Polio di Bolmut, Kerjasama Sangadi Hingga Guru Diperlukan

Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Bolmut Oleh Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena. (Foto Rahmat Tegila/Prokopim Pemkab Bolmut)

BOLMUT,SULAWESION.COM- Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena menghadiri sekaligus membuka pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di desa Tuntung, Kecamatan Pinogaluman, Selasa 23 Juli 2024.

Pj Bupati mengatakan imunisasi ini penting untuk kita laksanakan. Pemerintah menginisiasi pelaksanaan imunisasi. Apalagi saat ini imunisasi polio.

Dirinya berharap adanya kerjasama dari camat, Sangadi, guru-guru dalam mendukung program imunisasi. Ini merupakan program nasional. Selain itu keterlibatan orang tua sangat penting dalam program imunisasi ini.
Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Ali Dumbela menambahkan pelaksanaan PIN Polio ini dibagi dalam dua tahap, sesuai dengan mekanisme yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.

PIN Polio ini akan menyasar semua anak dari umur 0-7 tahun di semua desa yang ada di Bolmut. Hal ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kelumpuhan sejak dini kepada anak balita.

Selain kelumpuhan permanen, polio juga bisa menyebabkan gangguan pada saraf pernapasan.

“Kondisi ini menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Berangkat dari hal itu, pekan imunisasi nasional ini digencarkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi sampai ada kasus yang luar biasa,”ujarnya.

Jadi pihaknya berharap, semua Masyarakat yang memiliki anak 0 – 7 tahun, bisa ikut serta dalam gerakan PIN Polio serentak ini.

“Agar anak-anak terhindar dari virus yang justru merugikan kita semua,”harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *