Esok Bolmut Perlu Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Salah satu rumah yang dilanda angin puting beliung di desa Solo, Kecamatan Kaidipang Bolmut, Selasa 23 Juli 2024. Tampak Pj Bupati Sirajudin Lasena Saat Meninjau. (Foto Rahmat Tegila/Prokopim pemkab Bolmut)

BOLMUT,SULAWESION.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sam Ratulangi Manado mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem 3 harian Provinsi Sulawesi Utara.

Peringatan dini ini mulai berlaku hari ini Rabu 24 Juli 2024 hingga Jumat 26 Juli 2024. BMKG menyebut waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sendiri diperkirakan terjadi pada Kamis 25 Juli 2024.

Sementara itu pada hari ini analisi BMKG siklon tropis Gaemi terpantau di Laut Filipina di 22.0 derajat LU dan 124.5 derajat BT, sekitar 2.080 km sebelah utara Tahuna, Sulawesi Utara dengan kecepatan angin maksimum 75 knots atau 140 km per jam dan tekanan udara minimum 965 hPa.

Diketahui sebanyak 25 rumah milik warga desa Solo, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dilanda angin puting Beliung, Selasa 23 Juli 2024, sekitar pukul 01.30 WITA.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Sulawesi Utara (Sulut) Muhammad Candra Buana mengatakan angin kencang merata di Sulut.

“Ada badai di Utara siklon tropis gaemi. Dampaknya angin kencang diseluruh wilayah Sulut,”ujarnya Selasa 23 Juli 2024.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *