Sekda Sitaro Denny Kondoj Sampaikan Pengantar KUA PPAS 2025 ke DPRD

 

Sekda Sitaro, Denny Kondoj saat menyampaikan pengantar KUA-PPAS Tahun Anggaran 2025 di DPRD. (Ist)

 

SITARO, SULAWESION.COM– Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Denny Kondoj menyampaikan pengantar terkait Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2025.

Penyampaian pengantar KUA-PPAS 2025 itu berlangsung dalam rapat paripurna DPRD pada Selasa, 23 Juli 2024, di gedung DPRD Sitaro di Kelurahan Bebali Siau Timur.

Kesempatan itu, Sekda Denny Kondoj menyampaikan pentingnya penyusunan KUA-PPAS dalam proses perencanaan dan penganggaran daerah.

Dimana dokumen KUA-PPAS ini memuat kebijakan di bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsi-asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun.

“Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran diharapkan dapat menjembatani antara arah dan tujuan strategi dengan ketersediaan anggaran,” ujar Kondoj.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, lanjut Kondoj, telah menyusun Kebijakan Umum Anggaran Tahun 2025 berdasarkan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) sebagai landasan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2025.

Aturan mengenai KUA-PPAS diatur dalam peraturan perundang-undangan yang mewajibkan pemerintah daerah untuk menyusun KUA-PPAS setiap tahun.

Dokumen ini berfungsi sebagai acuan bagi penyusunan RAPBD dan harus disampaikan kepada DPRD untuk mendapatkan persetujuan.

Proses penyusunan KUA-PPAS meliputi pengenalan dan analisis terhadap berbagai aspek keuangan daerah, termasuk perkiraan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah.

Selain itu, KUA-PPAS juga harus mempertimbangkan program-program prioritas yang telah ditetapkan dalam RKPD.

Dengan penyusunan yang matang dan berdasarkan data RKPD, RAPBD tahun 2025 yang diharapkan dapat disusun dengan lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah.

“Rapat Paripurna ini menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan bahwa anggaran yang akan disusun dapat mengakomodasi berbagai program prioritas daerah,” kuncinya. (Vian)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *