September Mendatang Pameran Sistem Pengatur Udara Panas-Dingin dan Ventilasi Hentak JIEXPO Kemayoran Jakarta

Konferensi pers yang diselenggarakan di Hotel Aston Manado Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 2 Agustus 2024. (Foto: Adi Sururama)

MANADO, SULAWESION.COM – September mendatang, pameran teknologi efisiensi energi yang digagas PT Pelita Promo Internusa bakal menghentak JIEXPO Kemayoran Jakarta.

PT Pelita Promo Internusa akan mempersembahkan edisi ke-9 Pameran RHVAC yang merupakan pameran industri pendingin dan tata udara terbesar di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pameran RHVAC Indonesia akan berlangsung pada tanggal 25-27 September 2024. Berfokus pada teknologi refrigerasi, pendingin udara (AC), tata udara dan efisiensi energi.

Refrigeration and Heating, Ventilation and Air Conditioning (RHVAC) merupakan artian dari pendinginan, pemanas, ventilasi dan pengkondisian udara.

RHVAC adalah sistem yang mengatur dan memindahkan udara panas dan dingin, serta menjaga ventilasi atau aliran udara. Sistem RHVAC sangat penting untuk menjaga suhu yang nyaman di gedung komersial dan untuk struktur gedung apartemen, hotel dan bangunan industri.

Sistem RHVAC dapat mencakup komponen individual seperti unit AC, pompa panas, pengatur udara, tungku, pembersih udara, pelembap udara dan dehumidifier.

Pameran RHVAC yang bakal digelar di JIEXPO Jakarta mengusung tema “Advancing In HVACR Excellence”, membahas pentingnya meningkatkan kualitas dan kinerja sistem RHVAC di Indonesia sehingga dapat menciptakan sistem yang lebih efisien, efektif dan ramah lingkungan.

Lebih dari 250 merek global berpartisipasi pada tahun ini seperti Hisense, Midea, Bitzer, Jopan Air Filter, Brenntag, EBM-Papst Indonesio, Snowman Mandiri Indonesia, Officine Mario Dorin, Pandu Mahardika Perdana, RHT Teknologi Indonesia, Thermotech Solutions dan masih banyak lagi.

Pameran pada September mendatang mengalami perluasan tempat hingga 35 persen dari tahun 2023, yang menandakan bahwa adanya pertumbuhan signifikan dalam industri ini.

Selain itu RHVAC Indonesia akan diselenggarakan bersamaan dengan ICBT (Industrial and Commercial Building Technology) dan SWI (Safe Work Indonesia), sebagai perluasan di industri keselamatan kerja dan bagaimana menunjang efisiensi melalui fasilitas gedung termasuk di dalamnya pengolahan air limbah, sistem kelistrikan, sistem otomatisasi gedung dan lain sebagainya.

Sebagai bagian dari persiapan pameran, RHVAC Indonesia saat ini tengah menjalankan serangkaian roadshow bekerjasama dengan ASISI (Asosiasi Teknik Refrigerasi dan Tata udara).

Roadshow ini bertujuan untuk mempromosikan dan menyosialisasikan pameran, serta memperkuat kerjasama antara RHVAC dan ASISI yang telah terjalin dari tahun ke tahun.

Melalui konferensi pers yang diselenggarakan di Hotel Aston Manado Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (2/8/2024), Ketua Umum ASISI Nusantara Nanang Hendra Wardana menjelaskan pameran tersebut menciptakan peluang bisnis yang berkelanjutan.

“Kami sangat antusias dengan penyelenggaraan RHVAC Indonesia di Jakarta. Acara ini tidak hanya menampilkan teknologi terbaru, tetapi juga menjadi kesempatan bagi kami sebagai pengguna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan berpeluang memperluas bisnis,” jelas Wardana.

Selain berpeluang bisnis yang berkelanjutan, tutur Wardana, ASISI dari segi kapasitas telah bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknikal.

“Anggota kita ada KTA-nya. Kita sebagai support dari perusahaan besar saya akan mulai dari bawah dulu, anggota kita harus kompeten dulu,” tuturnya.

Roadshow dimulai dari kota Medan, dilanjutkan ke Batam, Manado, hingga ke Lombok. Pameran tersebut diharapkan dapat menarik perhatian para profesional dan pemangku kepentingan di berbagai kota, sebelum puncaknya di Jakarta.

Di tempat yang sama Project Director RHVAC Indonesia Ferdian Lo mengatakan pihaknya saat ini tengah berfokus pada refrigerator dan efisiensi energi, sebab industri pendingin baik tanpa udara sebetulnya dibutuhkan kita semua.

Di pameran RHVAC Indonesia mendatang akan kedatangan 15 ribu pengunjung. Selai itu tidak hanya menargetkan perputaran uang atau target keuntungan tapi kita lebih ke visi yang memberikan dampak ke industri.

“Kami mengundang semua profesional di industri ini untuk bergabung dan menjadi bagian dari masa depan keunggulan industri HVACR, RHVAC Indonesia akan selalu menjadi platform penting untuk menampilkan teknologi canggih, mendorong kolaborasi dan berbagi pengetahuan di antara para profesional industri HVACR,” kata Ferdian.

RHVAC Indonesia juga mendapatkan dukungan dari berbagai asosiasi lainnya seperti ASHRAE Indonesia, BEA, ACE, APITU, APPI, PERPRINDO, KOPPI, GPCI, GBCI, IKEI, dan asosiasi-asosiasi yang menaungi industri K3 seperti INOSHPRO, WSO, AHKKI, PAKKI dan lainnya.

Dukungan tersebut juga memperkaya konten pameran dengan berbagai kegiatan seperti seminar, presentasi produk dan workshop sehingga semakin meningkatkan nilai dan manfaat yang bisa diperoleh para peserta dan pengunjung pameran.

Di tempat yang sama Chendra, dari Perusahaan Officine Mario Dorin SPA mengungkapkan di Sulut mereka mempunyai pangsa pasar di sektor perikanan khususnya kapal ikan. Banyak kapal ikan di Kota Bitung yang memakai produk Mario Dorin.

Ia menambahkan Sulut sangat terkenal dengan potensi pariwisata berskala nasional dan internasional. Olehnya penggunaan produk Mario Dorin SPA sangat stretegis dengan kondisi geografis bumi Nyiur Melambai ini.

“Sulut kan terkenal dengan pariwisata, banyak hotel dan itu potensial untuk kami garap,” ungkapnya.

Sementara Ketua DPD ASISI Sulut Steven Kesek menyampaikan pentingnya teknisi yang profesional dan tersertifikasi.

Awal terbentuknya DPD ASISI Sulut, terang Kesek, yakni sejak tahun 2019. Saat ini organisasi teknisi tersebut mempunyai 150an anggota yang tersebar di Manado, Bitung dan Bolaang Mongondow (Bolmong).

“Kami juga bekerja sama dengan dealer Daikin, Panasonic dalam hal training dan pelatihan. Kami juga sering melakukan bakti sosial berupa service ac gratis di tempat” ibadah,” terangnya.

“Seluruh anggota kamu sudah tersertifikasi BNSP. Sertifikasi di DPD ASISI Sulut sekitar 60an orang,” sambungnya.

Diketahui Pameran RHVAC Indonesia 2024 akan menyoroti keahlian dan kemajuan dari produsen internasional terkemuka yang berinvestasi di pasar HVACR Indonesia.

Aplikasi HVACR yang Muncul Mengubah Dinamika Pasar di Indonesia

1. Pendingin Hemat Energi
Teknologi pendingin canggih yang secara signifikan mengurangi konsumsi energi, menawarkan solusi berkelanjutan dan hemat biaya untuk aplikasi pendinginan skala besar.

2. Sistem Pemurnian Udara
Integrasi teknologi pemurnian udara canggih untuk menjawab meningkatnya permintaan akan peningkatan kualitas udara dalam ruangan di ruang komersial dan perumahan.

3. Otomatisasi Gedung Cerdas
Penerapan sistem otomasi bangunan canggih yang meningkatkan efisiensi HVACR secara keseluruhan, memungkinkan pengendalian dan pemantauan tanpa hambatan.

4. Sistem Pemulihan Panas
Penerapan teknologi pemulihan panas dalam sistem HVACR untuk pemanfaatan energi yang efisien, mengurangi limbah, dan meningkatkan efisiensi sistem secara keseluruhan.

5. Pemanasan dan Pendinginan Distrik
Sistem tingkat distrik yang inovatif yang memusatkan pemanasan dan pendinginan. memberikan solusi hemat energi untuk pembangunan perkotaan dan proyek skala besar.

Pameran dengan kategori produk utama berikut di Refrigeration and HVAC Indonesia 2024

1. Sistem dan Peralatan Pendingin Udara
2. Perlengkapan Perakitan untuk Pendinginan dan Pendingin Udara
3. Sistem dan Peralatan Pemanas
4. Penyimpanan Energi
5. Sistem Fotovoltaik
6. Tenaga Listrik dan Energi Terbarukan
7. Sistem dan PeralatanPendinginan
8. Mesin dan Peralatan Manufaktur Teknologi Surya
9. Teknologi Termal Surya
10. Sistem dan Peralatan Ventilasi
11. Alat dan Perlengkapan Pendingin dan Pengkondisian Udara
12. Lampu Tenaga Surya dan Produk Konsumen
13. Aki

Ikhtisar Segmen: Energi Surya untuk Efisiensi RHVAC

Industri HVACR di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh meningkatnya permintaan akan teknologi canggih. Ketika negara ini berupaya mencapai pembangunan berkelanjutan, integrasi aplikasi energi surya menjadi sangat penting.

Paviliun Energi Surya khusus untuk Aplikasi HVACR di RHVAC Indonesia 2024 menampilkan solusi teknologi PV surya dan energi surya inovatif yang mendorong teknologi pemanas, ventilasi, AC dan pendingin canggih yang didukung oleh tenaga surya.

Peserta pameran di Solar Pavilion RHVAC Indonesia yang mewakili sinergi ini menawarkan solusi khusus yang tidak hanya memenuhi tetapi juga melampaui kebutuhan sektor HVACR yang terus berkembang.

(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *