Polres Buteng, Pemkab dan Penyelenggara Komitmen Sukseskan Pilkada 2024

 

BUTON TENGAH, SULAWESION.COM – Kepolisian Resort (Polres) Buton Tengah (Buteng) menggelar rapat  kordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka operasi mantap praja anoa 2024 menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November mendatang.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Findi lakudo tersebut turut dihadiri langsung Pj Bupati Buteng, H Kostantinus Bukide. Hadir pula, Ketua KPU Buteng, La Ode Abdul Jinani bersama anggota serta ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya bersama anggota.

Pj Bupati Buteng, H Kostantinus Bukide mengapresiasi langsung kegiatan yang dilaksanakan jajaran Polres Buteng dalam rangka kesiapan penyelenggaraan maupun pengamanan Pilkada serentak November mendatang.

“Saya menyakini dengan rapat kordinasi yang dilaksanakan hari ini serta komitmen kita bersama dalam menyukseskan pilkada serentak, baik itu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati bisa terlaksana dengan lancar dan sukses,” Tuturnya saat dikonfirmasi oleh rekan media, Kamis (1/8/2024)

Kemudian, 01-Buteng itu juga menjelaskan  Pilkada merupakan salah satu wujud nyata dari demokrasi. Ini adalah momen dimana masyarakat berhak memilih pemimpin yang mereka anggap terbaik untuk memajukan Daerah.

Olehnya itu, demi menyukseskan pelaksanaan pilkada November mendatang tentu kordinasi, kolaborasi serta sinergi dari semua pihak harus benar-benar terjalin dengan baik. Sehingga masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya bisa terlaksana dengan lancar tanpa ada kendala apapun itu.

“Kita semua memiliki tanggungjawab untuk memastikan bahwa proses demokrasi ini berlangsung dengan lancar, aman dan kondusif. Untuk itu saya sangat mengapresiasi inisiatif dan komitmen kita semua untuk menyukseskan Operasi Mantap Praja Anoa 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Buteng, AKBP Wahyu Adi Waluyo menyampaikan rakor  Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Anoa 2024 dilaksanakan untuk mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antar unsur penyelenggara.

Dimana salah satu tujuannya untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak November mendatang baik itu Pemilihan Bupati maupun pemilihan gubernur.

“Polres Buteng telah siap melaksanakan Operasi Mantap Praja Anoa 2024 dalam rangka kesiapan pengamanan penyelenggaraan pilkada November mendatang,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Kapolres Wahyu Adi Waluyo menuturkan netralitas Polri dalam konteks Pemilu maupun pemilihan kepala daerah sebagaimana di jelaskan dalam undang-undang nomor 2 tahun 2002 pasal 28 ayat (1 dan 2), Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2023 dan peraturan Polri nomor 7 tahun 2002 wajib seluruhnya dijalankan.

Selain itu kata pria berpangkat dua bunga dipundaknya menambahkan, anggota Polri dilarang memberikan komentar, penilaian atau dukungan kapada kontestan/kandidat manapun serta tidak boleh melakukan tindakan atau pernyataan yang bisa mempengaruhi proses Pemilihan oleh KPU dan Bawaslu.

“Implementasi netralitas Polri mencakup pengamanan pemilihan dengan sikap netral dan tidak memihak kepada kontestan atau kandidat manapun. Jika nantinya ada anggota yang ikut bermain politik praktis, laporkan san disaat itu juga akan ditindaki,” tegasnya.

Terakhir, AKBP Wahyu Adi Waluyo juga menyebutkan jumlah personil yang disiapkan pada penyelenggaraan pilkada sebanyak 450 personil. Jumlah tersebut meliputi, 155 personil Polres Buteng. 100 personil Brimobda Sultra, 100 personil Sat Samapta Polda Sultra dan 95 personil staf Polda Sultra. (Adv)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *