Dukung Potensi Wisata Busel, Parinringi Bakal Gelar Gebyar Waburi Park

Suasana saat Camat Lapandewa Ruslan Gande memimpin rapat persiapan Gebyar Wisata Waburi Park bersama warga Desa Gaya Baru, Kamis 8 Agustus 2024. (Foto: Basri/Sulawesion.com)

BUSEL, SULAWESION.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu dekat akan menggelar Gebyar Wisata Waburi Park pada 23 Oktober 2024 mendatang.

Camat Lapandewa Ruslan Gande mengungkapkan acara tersebut merupakan inisiatif Penjabat Bupati Busel Parinringi sebagai bentuk dukungannya terhadap potensi wisata yang dimiliki daerah.

Bacaan Lainnya

Salah satunya yakni pagelaran event besar pada objek wisata Waburi Park yang merupakan ikonik dan lokasi populer yang dimiliki Busel saat ini.

Dimana merupakan kawasan wisata yang menyajikan keindahan alam berupa laut, pantai dan tebing yang begitu memanjakan mata pengunjungnya.

“Sejak kunjungan pertamanya pak Pj Bupati kita melihat taman ini sangat berpotensi, olehnya harus ada suatu event besar di Waburi Park, sehingga beliau dengan kebijakannya muncul lah inisiatif untuk menggelar acara besar dengan diisi ragam kegiatan lomba tentang seni, budaya dan kearifan lokal yang dirangkai dalam Gebyar Waburi Park ini,” ungkap Ruslan Gande, yang juga Penjabat Kades Gaya Baru saat ditemui usai rapat persiapan acara gebyar tersebut bersama warganya di Waburi Park Desa Gaya Baru, Kamis (8/8/2024) sore.

Dikatakannya, acara yang berskala kabupaten tersebut bakal berlangsung selama tiga hari dengan ragam kegiatan lomba seni, budaya dan kearifan lokal daerah sehingga akan dihadiri para tamu undangan dari seluruh kabupaten dan kota se Sultra.

“Pada pembukaan tanggal 23 Oktober itu akan dibuka dengan kegiatan karnaval budaya dan sorenya akan diisi dengan tari kolosal, esok harinya akan digelar lomba menghias perahu ketinting yang akan diikuti se Busel dan sore harinya akan diisi dengan lomba kearifan lokal,” kata Gande.

“Seperti lomba permainan tradisional Ngkaodha-odha, lomba Tari Pangibi dan lomba Linda dengan peserta lingkup se Kecamatan Lapandewa. Dan nanti pada malam penutupan itu akan dihibur oleh artis ibu kota,” sambungnya.

Lebih lanjut, karena bakal digelar selama tiga hari berturut-turut dan jarak taman wisata yang jauh dengan Kota Baubau, maka pihaknya telah siapkan kurang lebih 50 unit rumah warga untuk penginapan para tamu undangan.

“Tentu kami telah menyiapkan 50 unit home stay untuk para tamu dan tidak menutup kemungkinan akan kami tambah lagi dari rumah-rumah kosong milik warga desa kami, agar bisa menampung tamu undangan yang hadir, baik dari lingkup Buton Selatan maupun dari kabupaten dan kota lain yang ada di Sultra,” sebutnya.

Pihaknya menilai, Gebyar Wisata Waburi Park akan menjadikan taman wisata ini menjadi betul-betul dikenal oleh masyarakat luas, sehingga akan menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat Gaya Baru khususnya dan Kecamatan Lapandewa secara umum.

“Selain itu juga akan menumbuhkan komunikasi dan hubungan kerja sama antara Pemkab Busel dan Pemdes Gaya Baru, serta Pemerintah Kecamatan Lapandewa. Dan selama kegiatan nanti pak bupati siap untuk berkantor di Desa Gaya Baru demi mendukung kegiatan besar itu,” jelasnya.

Olehnya itu, atas nama masyarakat Desa Gaya Baru dan Kecamatan Lapandewa, pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Busel yang terus mendukung potensi pariwisata daerah.

“Kami masyarakat Desa Gaya Baru dan Kecamatan Lapandewa sangat bersyukur atas kebijakan pak Pj Bupati Paringringi yang memberikan kami ruang dan waktu untuk menggelar kegiatan besar dan sangat strategis menurut kami,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, tokoh adat Lakaliba Desa Gaya Baru La Danco juga turut mengutarakan terima kasihnya kepada Parinringi yang terus mendukung penuh potensi wisata daerah Busel dengan bakal digelarnya Gebyar Wisata Waburi Park.

“Mewakili masyarakat kami sangat bersyukur sekali dan sangat berterima kasih kepada pak Pj Bupati Buton Selatan yang sudah memikirkan Waburi Park, sehingga kami masyarakat Desa Gaya Baru sangat siap melayani para tamu undangan yang hadir pada acara nanti,” ungkapnya saat diwawancara di hadapan warga yang mengikuti rapat persiapan Gebyar Waburi Park.

Dia juga mengakui, banyak efek positif yang ditimbulkan nantinya melalui Gebyar Wisata Waburi Park seperti yang telah disebutkan Camat Lapandewa.

“Karena efek dari itu semua adalah akan memberi manfaat untuk pelaku UMKM di desa kami dan kami yakin itu akan langsung berdampak baik bagi pendapatan ekonomi masyarakat di desa kami. Di sisi lain juga nantinya, adalah akan menjadikan Waburi Park makin dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya masyarakat lokal tapi bisa jadi akan dikenal juga oleh mancanegara,” akunya.

Sehingga dia meniti harapan kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, agar memberikan bantuan guna pembangunan fasilitas pendukung lainnya yang ada pada objek wisata Waburi Park.

“Harapan kami kepada pemerintah agar memberikan kami bantuan untuk melanjutkan pembangunan Waburi Park ini, karena seperti kita lihat Waburi Park ini belum mencapai 100 persen pembangunannya. Sehingga dibutuhkan lagi dana, kami berharap bukan hanya dari bantuan pemerintah di atas, tapi juga dari para investor untuk menanam sahamnya di sini. Kepada Pemkab Busel kami juga berharap bantuan lainnya seperti pembebasan lahan untuk memperluas kawasan Waburi Park ini”, harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *