Gerakan Pangan Murah di Bolmut Diserbu Warga Semua Bahan Habis Terjual

Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Bolmut Diserbu Warga. (DOK Dinas Ketahanan Pangan Bolmut)

BOLMUT,SULAWESION.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka HUT ke 79 Republik Indonesia (RI), Rabu 14 Agustus 2024 di halaman kantor camat Kaidipang.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA) serta lunching penyaluran bantuan pangan tahap III tingkat Kabupaten Bolmut.

Penjabat Sekda Bolmut Abdul Nazarudin Maloho dalam sambutannya mengatakan
moment perayaan HUT ke 79 Indonesia pemerintah daerah melalui dinas ketahanan pngan mengadakan GPM untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan serta mengendalikan inflasi.

Program inu merupakan kerja sama dengan Plerum Bulog Cabang Bolaang Mongondow, tim penggerak PKK, petani, Poktan, Gapoktan dan pelaku usaha pangan.

“Komoditi yang dijual meliputi beras, minyak goreng, gula pasir, telur, bawang, tomat, dan daging ayam,”ujarnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu mengendalikan inflasi daerah dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau.

Lanjutnya, pada kegiatan ini juga dilaksanakan lomba cipta B2SA. Lomba ini diadakan dengan tujuan memasyarakatkan penganekaragaman pangan hingga tingkat rumah tangga.

Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, mendorong kreativitas dalam menciptakan menu berbasis sumber daya lokal.

“Serta membangun budaya keluarga dalam memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan di sekitar rumah,”kata Sekda.

Sementara itu bahan-bahan yang dijual pada GPM kali ini habis terjual. Termasuk beras satu ton. Dimana beras medium 5 Kg dijual Rp 58.000, sedangkan beras premium 5 Kg dijual Rp 67.000.

Berikut Bahan-Bahan Yang Dijual Pada GPM
Beras 1.000 kg
Minya goreng 240 liter
Gula pasir 200 kg
Telur 40 bak
Bawang merah 20 kg
Bawang putih 5 kg
Tomat 20 kg
Cabe rawit 10 kg
Ayam pedaging 15 ekor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *