Mahasiswa USN Kolaka Gelar Seminar dan Edukasi

Mahasiswa KKN USN Kolaka tahun 2024 saat menggelar foto bersama dengan kepala dan perangkat desa Gundu-Gundu dan di Aula Rapat Balai Desa Gundu-Gundu, Ada Sabtu 17 Agustus 2024. (Foto: Ali Tidar)

BUTON TENGAH, SULAWESION.COM – Mahasiswa Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024, menggelar seminar program kerja atau Proker dan edukasi di desa Gundu-Gundu, Kecamatan Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Proker ini dilaksanakan untuk menyusun, membahas, dan merumuskan program-program serta mencari masukan dan saran dari masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Koordinator KKN Desa Gundu-Gundu M Khairil Anwar mengatakan tujuan utamanya adalah memastikan bahwa setiap proker yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut, serta sesuai dengan pedoman pelaksanaan KKN USN Kolaka tahun 2024.

“Karena sebagian besar masyarakatnya adalah nelayan. Maka kami akan mengedukasi masyarakat ke depan penangkapan ikan dengan alat tangkap yang tidak membahayakan biota laut lainnya,” katanya saat dikonfirmasi oleh media ini usai melaksanakan seminar Proker di Aula Desa Gundu-Gundu, Sabtu (17/8/2024)

Selain hal tersebut, papar Anwar, program yang akan laksanakan kedepan diantaranya pelatihan microsoft word dan excel, seminar pendidikan, pembuatan tong sampah minim asap, Jum’at bersih, senam setiap Minggu, pembuatan nama lapangan, dan pengajian.

Adapun beberapa proker unggulan yang akan dilaksanakan yaitu penyuluhan peternakan dan pemberian edukasi terhadap nelayan terkait penangkapan ikan yang tidak membahayakan biota yang lain.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Gundu-Gundu Za Abu menjelaskan pihaknya sangat berterimakasih kepada mahasiswa USN Kolaka yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat.

Ia berharap niatan baik para mahasiswa dapat bernilai ibadah, serta memberikan pengalaman yang baru untuk masyarakat untuk kemajuan mereka dan perkembangan ekonomi ke depan.

“Alhamdulillah, program kerja ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Apalagi di desa ini mata pencariannya kebanyakan nelayan dan peternak. Muda-mudahan mereka betah dan kedepan Kampus USN dapat mengirimkan mahasiswanya lebih banyak lagi,” harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *