Dinas Kominfo Maros Gelar Pelatihan Jurnalisme Bersama USAID IUWASH Tangguh

MAROS,SULAWESION.COM– Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Maros, berkolaborasi dengan USAID IUWASH Tangguh, menyelenggarakan Pelatihan Jurnalisme bagi masyarakat. Kegiatan ini berlangsung pada 19-20 Agustus 2024 di The Clove Cafe, Jalan Gladiol, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros.

Pelatihan ini setidaknya diikuti oleh 15 peserta dari berbagai kelurahan yang ada di Kecamatan Turikale. Adapun tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mereaktivasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Diskominfo Maros, serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyebarkan informasi yang akurat dan terpercaya.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kominfo Maros, Prayitno, dalam sambutannya, mengapresiasi dukungan USAID IUWASH Tangguh dan menilai kegiatan ini sebagai langkah positif untuk memperkuat penyampaian informasi di masyarakat.

“Kita juga harus bisa membawakan dan menyampaikan informasi dalam bermasyarakat dengan baik dan terpercaya. KIM merupakan kelompok penggiat masyarakat yang memiliki arti penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat,” ujarnya saat membuka kegiatan, Senin (19/8/2024).

Selain itu, salah satu narasumber dari Diskominfo Maros, Hamsah Baturante, menyampaikan materi dasar tentang penguatan informasi kepada peserta.

“Pertama-tama kita berikan dulu pemahaman mendasar dalam penyampaian informasi. Apa itu media massa, jalur birokrasi dan jalur komunitas,” ujarnya.

Selain itu, kata Hamsah kegiatan ini diperlukan pemberdayaan penyaluran informasi dan kanalisasi aspirasi masyarakat dan mengembangkan paradigma komunikasi dengan masyarakat.

“Terus ada pemberdayaan masyarakat dibidang informasi dan komunikasi, mendorong berbagai kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” jelasnya.

Salah satu peserta, Nurfadillah sangat tertarik dengan adanya kegiatan ini. Ia mengaku sangat mendapatkan ilmu dalam memberikan dan menyampaikam informasi dalam kelompok masyarakat.

“Bagus banget karena kita lebih paham dalam memberikan informasi lebih baik dalam pemberdayaan melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi dan peningkatan aksesbilitasnya informasi,” bebernya.

Dalam kegiatan ini juga seluruh peserta akan dibekali dengan berbagai kegiatan seperti, Topik yang Diminati dan Kanal-Kanal Penyebaran Informasi, Membuat Konten, Informasi Dari dan Untuk Masyarakat, Pengenalan Komunitas Informasi Masyarakat: Peran dan Fungsi serta Jurnalisme Warga dalam Konteks KIM.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *