Jelang Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wabup, KPU Sitaro Mantapkan Persiapan Lewat Rakor Teknis

suasana rakor teknis KPU bersama stakeholder. (Vian Hermanses)

SITARO, SULAWESION.COM- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis bersama sejumlah stakeholder.

Rakor yang berlangsung pada Sabtu (24/8/2024) di Aula Little House itu digelar guna memantapkan persiapan jelang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang sedianya akan digulirkan pada 27 Agustus mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Sitaro, Stevanus Kaaro mengatakan, dalam rakor ini, lembaga penyelenggara pemilu berharap adanya masukan dan tanggapan dari seluruh stakeholder menyangkut persiapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati nanti.

“Ini adalah bagian dari persiapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. Jadi kesempatan ini, kami penyelenggara meminta masukan dan saran dari semua yang hadir pada rapat ini,” kata Kaaro dihadapan sejumlah awak media.

Adapun informasi-informasi yang perlu disajikan dalam rakor teknis dimaksud antara lain mengenai teknis pendaftaran itu sendiri dari KPU, metode pengamanan dari kepolisian dan TNI maupun rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon yang mendaftar.

“Tentu dari sisi teknis pendaftaran itu ada pada KPU termasuk penelitian persyaratan administrasi bakal calon hingga perbaikan atas penelitian administrasi bakal calon, maupun penetapan,” terang Kaaro.

Dari sisi pengamanan, KPU menghadirkan pihak Polres Kepulauan Sitaro dan Kodim 1301 Sangihe guna menyampaikan materia mengenai teknis pengamanan yang perlu diketahui oleh pengurus partai politik atau bakal calon.

Seterusnya berbicara teknis pemeriksaan kesehatan yang disampaikan langsung pihak RSUP Prof Kandouw Malalayang, tempat dimana berlangsungnya pemeriksaan kesehatan serta dari Badan Narkotika Daerah.

“Ketika di rumah sakit nanti di ruangan maan, apa saja yang harus disiapkan, siapa saja yang boleh mendampingi. Bisa bawa massa atau tidak. Itu akan disampaikan secara teknis oleh pihak RS Kandouw Malalayang,” katanya lagi.

“Seterusnya juga akan ada penjelasan dari pihak Badan Narkotika Daerah terkait persiapan pemeriksaan narkoba bagi bakal pasangan calon,” kunci Kaaro.

Hadir dalam rakor teknis tersebut antara lain para pimpinan parpol di Sitaro, insan pers serta stakeholder terkait seperti perwakilan Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja hingga PLN Siau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *