Sejumlah Parpol Belum Usulkan Susunan Fraksi di DPRD Bitung, Anggaran Pengamanan Pilkada Tersumbat

Sejumlah parpol belum masukan usulan fraksi di DPRD Kota Bitung. (Dokumentasi | Yaser Baginda)

BITUNG, SULAWESION.COM – Sejumlah parpol dikabarkan belum memasukan usulan susunan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bitung.

Informasi yang berhasil dirangkum media ini, sejumlah parpol yang belum memasukan susunan fraksi adalah, Gerindra, Perindo dan PAN.

Bacaan Lainnya

Belum adanya usulan susunan fraksi itu bakal meninggalkan sejumlah persolan baru.

Selain menghambat pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2024 juga terancam tidak akan bergulir.

Baca juga: Pembentukan AKD di DPRD Bitung Bakal Sengit, Demokrat dan Golkar Punya Peluang

Tak bergulirnya APBD-P ini punya potensi mengganggu stabilatis kota menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bitung. Pasalnya, separuh anggaran di APBD-P itu untuk pengamanan hajatan Pilkada.

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bitung Albert Sarese saat dikonfirmasi tidak menampik adanya beberapa partai politik yang belum masukan usulan susunan fraksi.

“Kemungkinan masih berproses di partai masing-masing sehingga belum masukan usulan fraksi,” ucap Albert, Selasa (17/9/2024).

Albert menyatakan, usulan fraksi tersebut menjadi dasar pembentukan pimpinan DPRD difinitif dan alat kelengkapan dawan (AKD) lainnya.

“Ketika usulan itu ada menjadi dasar untuk pembentukan pimpinan DPRD difinitif dan alat kelengkapan dawan (AKD) lainnya,” sebutnya, sembari mengaku telah menyurat ke pimpinan partai politik.

Sebagai informasi, ika sampai 30 September, alat kelengkapan dewan tidak terbentuk, maka APBD-P tidak bisa disahkan dan pemerintah Kota Bitung akan menggunakan APBD induk tahun 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *