Gempa Bumi Terasa Kuat di Bolmut Akibat Adanya Aktivitas Lempeng Sangihe

Gempa Bumi Yang Berpusat di Gorontalo Dirasakan Warga Bolmut, Sulawesi Utara. (Dok BMKG)

BOLMUT,SULAWESION.COM– Selasa 24 September 2024 pukul 02.51 WIB wilayah Pantai Utara Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng) diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,14° LS ; 122,91° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 Km arah Barat Daya Gorontalo, Gorontalo pada kedalaman 132 km.

Bacaan Lainnya

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Sangihe.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa bumi ini juga dirasakan warga Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bahkan beberapa nitizen dari Bolmut mengabarkan gempa melalui status media sosial Facebook.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

Ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *