Maurits Mantiri Berhasil, Produk UMKM Bitung Terbaik Se Indonesia

Walikota Bitung Maurits Mantiri. (Dokumentasi | Yaser Baginda)

BITUNG, SULAWESION.COM — Upaya Walikota Bitung Maurits Mantiri untuk terus melakukan pendampingan kepada UMKM Bitung kembali membuahkan hasil gemilang dengan meraih nilai tertinggi dari semua Kategori yang dilombakan dalam UMKM Award Tingkat Nasional tahun 2024.

Penilaian yang dilakukan pada 24 September 2024 di Bogor Jawa Barat. UMKM asal Kelurahan Batuputih Kota Bitung ini dengan Bendera PT Ramantha Kawanua Indonesia Atau Ramantha Kichen berhasil mengondol nilai 83 sekaligus mengukuhkan sebagai tertinggi dari 5 kategori lomba yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan Direktorat Perdagangan Dalam Negeri.

Bacaan Lainnya

Produk hasil Racikan Margareta Kakante itu, masuk dalam kategori Produk makanan Kemasan/Siap Saji dengan Nama produk Abon Ikan Cakalang.

Walikota Bitung Maurits Mantiri saat dikonfirmasi mengucapkan selamat kepada Margareta Kakante atau Ibu Etha terus melakukan terobosan-terobosan.

“Pemerintah hanya melakukan pendampingan dan Upaya-upaya pemasaran evaluasi, namun semuanya itu diserahkan kepada pihak Pengusaha UMKM,” jelasnya.

Mantiri sendiri cukup berbangga jika saat ini pemerintah kota Bitung sudah mempunyai data UMKM Kota Bitung. Hampir sekitar 5000 UMKM yang masuk dalam pendataan Program UMKM Ketuk Pintu dan Pemerintah terus melakukan upaya promosi sampai upaya pemberdayaan.

“Untuk Pemasaran dan Upaya Pemberdayaan Sumber Daya terus dilakukan pemerintah dan Buktinya UMKM Bitung mampu menyisihkan 42 Produk dari 40 Pelaku UMKM yang di Nilai. Sehingga menempatkan produk dari Batuputih itu sebagai yang terbaik,” kata Mantiri yang didampingi kepala dinas Perdagangan Bitung DR Jakcson Ruaw.

Penilaian tersebut dilakukan oleh Juri Tingkat nasional yang dipilih Kementerian seperti Ariana Susanti, Chef Muto, Benu BulceSanti Serad dan Sisca Soewitomo.

Sementara itu, Margareta Kakante saat dikonfirmasi sementara berada di Solo mengikuti meeting Informal dari Kementerian Tenaga Kerja guna melakukan barbagi pengetahuan kepada pelaku usaha se Indonesia. Sementara dari Sulut sendiri hanya dirinya yang diundang mengikuti kegiatan ini.

“Memang dari 1395 UMKM yang mendaftar pada UMKM Award tersebut setelah diseleksi berhasil tembus final hanya 42 Produk dan Produk Abon Cakalang dari Bitung mengondol Juara 1 dan ini yang membuat kami bangga,” jelasnya.

Diapun tak menampik jika keberhasilan produk usahanya ini tak lepas dari Support Walikota Bitung.

“Pihak Dinas Perdagangan dan Pak Walikota terus mensupport kami sehingga kami sampai pada fase ini,” kata dia yang saat ini sudah mempunyai 10 produk Unggulan dengan berbagai rasa siap saji mulai dari Cakalang sampai Tuna. Tak dipungkiri jika cara berpikirnya hanyalah memanfaatkan bahan-bahan local yang bisa mendunia.

“Awalnya saya hanya berpikir, untuk membantu nelayan dan tetangga yang tak bekerja sekaligus supaya ada penghasilan rumah tangga, namun saat digeluti dengan serius inilah hasilnya,” tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *