Prakiraan dan Puncak Musim Hujan di Kabupaten Bolmut Tahun 2024-2025

Tangkapan layar materi press release prakiraan musim hujan 2024-2025 di Provinsi Sulut.

BOLMUT,SULAWESION.COM– Berdasarkan laporan Stasiun Klimatologi Sulawesi Utara (Sulut) untuk wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) awal musim hujan terjadi pada November dasarian pertama.

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Sulawesi Utara (Sulut) Muhammad Candra Buana.

Bacaan Lainnya

Menurutnya awal musim hujan di Sulut tahun 2024-2025 berlangsung mulai Oktober 2024.

“Untuk Kabupaten Bolmut ada pada November dasarian pertama,”ujarnya dalam press release prakiraan musim hujan 2024-2025 di Provinsi Sulut, Jumat 27 November 2024 secara virtual.

Dirinya menambahkan untuk puncak musim hujan wilayah Sulut dimulai bulan Desember 2024. Termasuk Kabupaten Bolmut.

“Untuk wilayah Bolmut durasi musim hujan terjadi 25-27 dasarian. Atau 7 sampai 9 bulan,”jelasnya.

Sementara itu, untuk musim kemarau terdekat pada 2024-2025 hanya terjadi pada tiga zona musim. Termasuk wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) yaitu pada April 2025 dasarian tiga.

Candra mengimbau dalam menghadapi musim hujan ini waspada banjir dan tanah longsor, angin kencang hingga perkembangan penyakit seperti DBD dan Malaria.

Kepala stasiun Klimatologi Sulawesi Utara Iryanto Marmin Suwirono berharap kegiatan press release ini dapat membantu pemerintah daerah, stekholder terkait hingga masyarakat terkait cuaca dan iklim.

“Bagaimana sektor pembangunan, pertanian hingga perkebunan,”ujarnya.

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *