Peringati Hari Kesaktian, Sekda Sitaro: Mari Perkuat Nilai Pancasila

Suasana upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemkab Sitaro, Selasa 1 Oktober 2024. (Foto: Ist)

SITARO, SULAWESION.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar upacara, dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, pada Selasa (1/10/2024), di halaman kantor bupati, tepatnya di Kelurahan Ondong, Siau Barat.

Pantauan wartawan di lokasi kegiatan, terlihat jalannya upacara diawali dengan penghormatan kepada Sekretaris Daerah Sitaro, Denny Kondoj yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Komandan Upacara, Denty Sagune menyampaikan laporan kepada inspektur upacara dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, serta pembacaan teks pancasila yang dipandu langsung Denny Kondoj.

Agenda berikutnya adalah pembacaan Undang Undang Dasar 1945, disusul pembacaan naskah ikrar yang dibawakan Danramil 1301-02 Siau, Lettu Inf Steven T Joseph.

Dimana naskah ikrar ini menegaskan, komitmen pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk selalu menjaga nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Puncak pelaksanaan upacara ini ditutup dengan doa bersama, serta laporan akhir dari komandan upacara kepada inspektur upacara.

Usai upacara, Denny Kondoj mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk mempertahankan nilai-nilai pancasila, sebagai dasar negara yang harus dijunjung tinggi.

“Mari terus perkuat nilai-nilai pancasila. Peringatan ini merupakan momen untuk merefleksikan kembali nilai-nilai fundamental, yaitu pancasila yang menjadi landasan negara kita,” ingatnya.

Melalui peringatan ini pula, pemerintah daerah berharap agar nilai-nilai pancasila tetap hidup dan relevan, dalam menghadapi tantangan zaman, serta menjadi pedoman dalam membangun masyarakat yang adil dan makmur.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu antara lain jajaran forkopimda Sitaro, para asisten sekda, pimpinan OPD di lingkungan pemerintah daerah serta para tamu undangan lainnya.

Sementara peserta upacara terdiri dari unsur TNI dan Polri, Aparatur Sipil Negara atau ASN hingga pelajar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *