Bawaslu Mitra Laksanakan Kegiatan Media Gathering dengan Awak Media Untuk Sinergi Mengawal Pilkada 2024

MITRA,SULAWESION.COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan media gathering kesiapan dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara, Jouby Longkutoy, melalui Anggota Bawaslu Mario Lontaan, SPd, secara resmi membuka acara Media Gathering dengan tema “Sinergi Media Bersama Bawaslu Mitra Dalam Mengawal Pilkada 2024”,Selasa (1/10/2024).

Longkutoy menegaskan bahwa kesuksesan Pilkada serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU dan Bawaslu, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat, termasuk media massa cetak, elektronik, dan online.

“Media massa memiliki peran strategis dalam memberikan informasi tentang pentingnya Pilkada bagi kehidupan berdemokrasi di Kabupaten Mitra. Bersama masyarakat, media diharapkan aktif mengawasi pelaksanaan proses Pilkada,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Longkutoy juga mengungkapkan pentingnya membangun komunikasi yang baik dengan media.

“Peran media sangat penting dalam pencegahan dan memberikan informasi edukatif tentang pemilu kepada masyarakat. Terima kasih kepada teman-teman media yang hadir,” jelas Longkutoy.

Narasumber lainnya memaparkan tentang peran media dalam optimalisasi pengawasan dan pencegahan pelanggaran Pilkada serentak, serta fungsi pers dalam menghadapi persoalan yang muncul saat Pilkada.

“Pers bisa menjadi pilar demokrasi dan kontrak sosial. Mereka diizinkan untuk mengawasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, narasumber tersebut menekankan bahwa Bawaslu dan masyarakat tidak cukup untuk mengawasi pemilu/pilkada serentak tanpa adanya sinergi dengan media.

“Media sangat penting sebagai partner Bawaslu di lapangan. Kami yakin, dengan bekerja sama dengan media, informasi dapat dibagi untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 yang berkualitas demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sulut, khususnya di Minahasa Tenggara,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara itu, Ketua Bawaslu Mitra, Drs. Jouby Longkutoy, MM, Anggota Bawaslu Hj. Van Gobel, SS, serta narasumber melalui video conference, Dr. Felly Ferol Warouw, SH, ST, M.Eng, M.PD, yang berasal dari akademik dan media sosial.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *