PILKADA BITUNG: 01 Tampil Gemilang, 02 Kewalahan Jawab Pertanyaan Panelis di Debat Paslon

Debat perdana Pilkada Bitung. (Dokumentasi | Yaser Baginda)

BITUNG, SULAWESION.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung menggelar debat calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung di Pilkada 2024, Minggu (6/10/2024) kemarin.

Dalam debat tersebut, pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Geraldi Mantiri – Erwin Wurangian tampil gemilang.

Bacaan Lainnya

Beberapa pertanyaan di setiap segmen yang disusun oleh 7 panelis dijawab dengan begitu meyakinkan oleh paslon Geraldi Mantiri – Erwin Wurangian (GM-Win).

Penampilan Geraldi – Erwin berbeda dengan Paslon nomor urut 02 Hengky Honandar – Randito Maringka.

Mereka beberapa kali terlihat kewalahan dengan pertanyaan dari panelis. Terutama terkait dengan materi jaminan sosial, pemberdayaan perempuan dan anak serta terkait ketenagakerjaan.

Sekretaris Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Kota Bitung Arham Lakue menilai, kata kunci visi dan misi GM-Win soal inovasi berkelanjutan dijelaskan secara rinci saat debat.

“Paslon nomor urut 1 tampil gemilang. Termasuk dalam segmen pembahasan UMKM. Mereka menjelaskan secara singkat tapi muda dimengerti,” beber Arham, Senin (7/10/2024).

Ia juga menilai paslon 02 Hengky Honandar – Randito Maringka belum tampil lepas saat debat berlangsung.

Beberapa kali juga, katanya, mereka keliru menempatkan diksi dalam menyampaikan gagasan.

“Pada dasarnya dalam proses berkomunikasi melibatkan tiga aspek utama seperti ekspresi wajah, intonasi, dan pilihan kata (diksi). Menggunakan diksi cukup penting dalam debat-debat publik seperti tadi malam. Agar supaya masyarakat bisa menerima informasi dengan baik dan tidak dapat menimbulkan kesalahpahaman,” tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *