Peran Kelompok Tani Bersehati Kampung Salili Sitaro untuk Ekonomi Lokal

Panen tomat oleh Kelompok Tani Bersehati Desa Salili disaksikan pihak pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kepala Perwakilan BI Sulawesi Utara, Andry Prasmuko, Selasa 8 Oktober 2024. (Foto: Ist)

SITARO, SULAWESION.COM – Kelompok Tani Bersehati yang ada di Kampung Salili, Kecamatan Siau Tengah, Kabupaten Kepulauan Sitaro, melakukan panen perdana komoditas Tomat pada Selasa (8/10/2024).

Panen perdana itu disaksikan langsung pihak pemerintah daerah dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut), Andry Prasmuko.

Bacaan Lainnya

Hal itu pun mengisyaratkan, bahwa sektor pertanian di Kabupaten Kepulauan Sitaro memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sitaro, Stengly Langi yang hadir mewakili Penjabat Bupati Joi Oroh, menyampaikan apresiasi atas usaha kelompok tani Bersehati Salili.

Dia bilang, upaya yang dilakukan seluruh anggota kelompok yang berujung pada proses panen ini, dapat menjadi langkah awal dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian lokal.

Pejabat lulusan STPDN itu mengatakan, bahwa panen perdana ini menjadi bukti nyata komitmen dan ketekunan para petani dalam mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata dari sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat, dalam mengoptimalkan potensi pertanian lokal,” kata Stengly.

“Kami akan terus berupaya memberikan dukungan yang diperlukan, agar petani di Kabupaten Sitaro dapat terus berkembang dan menghasilkan produk unggulan, yang mampu bersaing di pasar yang lebih luas,” katanya lagi.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan semangat kerja keras dari para petani, panen perdana ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kelompok tani lainnya di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Mereka pun dapat terus berinovasi, dan mengembangkan sektor pertanian secara berkelanjutan di Desa Salili.

Kepala Kampung Salili bersama sejumlah tokoh masyarakat turut hadir dalam pelaksanaan panen tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap usaha dari Kelompok Tani Bersehati.

Mereka berharap, agar panen tomat dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang, khususnya kelompok-kelompok tani lainnya, dalam mengupayakan pengembangan komoditas pertanian di Kabupaten Sitaro.

Selain Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko, turut hadir dalam kegiatan panen itu antara lain Ketua TP-PKK Sitaro, Maja Oroh-Rumengan, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan pemerintah daerah, camat Siau Tengah, Kapitalau bersama perangkat Desa Salili.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *