Jelang Debat Publik Pilkada Bolmut: Penduduk Miskin Bertambah, Menanti Inovasi Para Calon

KPU Bolmut Akan Melaksanakan Debat Publik Pertama Pada Senin 14 Oktober 2024. (Dok KPU Bolmut)

BOLMUT,SULAWESION.COM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan melaksanakan debat pertama Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bolmut tahun 2024, Senin 14 Oktober 2024, pukul 13.00 WITA.

Menariknya tema debat pertama adalah inovasi layanan publik yang berorentasi pada percepatan penyelesaian persoalan daerah.

Bacaan Lainnya

Hal ini tentu sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolmut tahun 2025.

Dimana pada tahun depan, prioritas pembangunan adalah penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), penurunan angka kemiskinan dan pengangguran serta peningkatan tata kelola pemerintahan.

Selanjutnya, peningkatan daya saing investasi daerah melalui pemerataan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan serta pembangunan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Sementara itu untuk penurunan angka kemiskinan, pemerintah terus melakukan berbagai program.

Sebagai persoalan daerah yang terus mendapat perhatian tentu mengatasi kemiskinan di Bolmut butuh inovasi dari pemangku kebijakan.

Salah satu inovasi terbaru yang diperkenalkan pemkab Bolmut adalah aplikasi Sistem Kesejahteraan Daerah Terpadu (Serdadu).

Dengan inovasi dan aplikasi ini kita bisa mengetahui warga miskin di daerah berdasarkan indikator yang ada.

Terkait hal ini akan menarik nanti bagaimana debat publik esok. Dimana masyarakat bisa mendengar inovasi apa yang akan disampaikan empat pasangan calon Bupati dan wakil bupati Bolmut dalam mengatasi kemiskinan di daerah.

Dimana kita ketahui pada tahun 2023 ada 432 jiwa dengan 102 Kepala Keluarga (KK) yang masuk miskin ekstrem yang kemudian diintervensi dengan beberapa program bantuan sesuai kebutuhan mereka.

Walau demikian, tahun 2023 jumlah penduduk miskin Bolmut bertambah 540 menjadi 6550 jiwa. Yang sebelumnya pada tahun 2022 diangka 6010 jiwa.

Berikut Jumlah Penduduk Miskin di Kabupaten Bolmut sejak 2018-2023

Tahun 2018: 6840 Jiwa

Tahun 2019: 6770 Jiwa

Tahun 2020: 6820 Jiwa

Tahun 2021: 6530 Jiwa

Tahun 2022 : 6010 Jiwa

Tahun 2023: 6550 Jiwa

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolmut.

KPU Bolmut: Tak Ada Mobilisasi Masa Pada Debat Esok

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas, dan SDM) KPU Bolmut Firman Stion mengatakan debat kandidat merupakan bagian tidak terpisahkan dari tahapan kampanye.

“KPU Bolmut akan melaksanakan debat publik pertama pada Senin 14 Oktober 2024 pukul 13.00 WITA di gedung dharma wanita Kabupaten Bolmut yang berada dikawasan batu Pinagut,”ujarnya.

Debat ini secara resmi akan disiarkan langsung melalui TV lokal, dan seluruh media sosial KPU Bolmut sehinga warga Bolmut bisa menyaksikan pelaksanaan debat ini.

Pihaknya juga mengimbau kepada pasangan calon agar tidak ada mobilisasi masa dan Iring-iringan musik yang dapat mengangu jalanya debat dari setiap paslon.

“Hal ini karena mempertimbangkan tempat pelaksanaan debat yang kepesertanya terbatas,”ujarnya.

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *